Jumat, 15 Februari 2013

5 Tim yang Paling di Tunggu di Liga Champions

Pertandingan babak 16 besar liga champion telah dimulai, telah tersaji 4 pertandingan, dan mungkin yang paling menarik tentu saja pertandingan antara Real Madrid vs Manchester United, meski berakhir anti klimaks, skor 1-1.

Tapi jika melihat dari tim, sebenarnya ada beberapa tim yang cukup menggelitik untuk dinantikan kejutannya di liga champion ini. Tim mana sajakah itu..?? ini dia 5 tim yang paling ditunggu kejutannya di loga champion.

5. Juventus
Sebagai peraih scudetto, dan pemegang rekor fantastis musim kemarin dengan tidak terkalahkan, Juventus menjadi salah satu tim “the rising star” di loga champion saat ini. Setidaknya hal ini bisa dijawab oleh Juventus dengan cukup berbangga, 3 gol tanpa balas di kandang celtic, adalah bukti kembalinya skuad Antonio conte di musim ini. Apalagi pernyataan pemain anyar Nicholas Anelka yang cukup optimistis menjuarai liga Champion. Mampukah Juventus melanjutkan langkahnya..??






4. Manchester United
Terseok-seok di musim kemarin, gugur di fase grup, dan gagal menjuarai Liga Primer Inggris, menjadi cambuk tersendiri untuk Manchester United untuk kembali manjadi tim yang diperhitungkan di Liga Champions. Memulai laga 16 besar dengan cukup berat dengan menantang Real Madrid di Bernebeau. Raihan hasil imbang menjadi pemicu tersendiri skuad Sir Alex ferguson untuk optimis menghajar Skuad Mourinho di Old Trafford.




3. Barcelona
Sebuah tim raksasa yang hampir dalam 5 tahun kebelakang selalu menjadi favorit juara Liga Champions, tapi musim kemarin adalah bukti nama besar mereka tidak selalu menjaid keberuntungan. Di laga semifinal musim kemarin, Barcelona yang kala itu di gadang-gadang bakal menjuarai Liga Champions, mesti menelan pil pahit setelah digagalkan Chelsea. Musim ini mereka kembali mengawali dengan superioritas, optimism, dan tentu saja, prediksi semua mengatakan “Barca akan menjadi juara..”




2. Galatasaray
Tentu saja efek kejut selalu dating dari tim kuda hitam. Galatasaray menjawabnya dengan melakukan pembelian pemain yang cukup mengejutkan, mendatangkan salah satu gelandang terbaik dunia, Wesley Sneijder dan striker pemenang Champions musim kemarin, Didier drogba. Meski belum pasti menjamin kesuksesan tim ini, namun penampilannya patut ditunggu, apakah sneijder dan drogba bisa berbuat banyak untuk tim asal turki ini..??





1. Paris-Saint Germain (PSG)
Tim bertabur bintang, hingga kurang tepat rasanya jika dikatakan sebagai tim kuda hitam. Ibrahimovic, Lavezzi, Thiago Silva, seakan menjadi jaminan akan hadirnya trofi Liga Champions di tim ini. Belum lagi kedatangan David Beckham, yang seakan menawarkan ancaman serius bagi peserta lainnya.







Menurutmu siapa yang akan juara..?? J
khutbah jumat 5 Rabiul Tsani 1434 H part 3

khutbah jumat 5 Rabiul Tsani 1434 H part 3

maka, kita mesti melakukan sebuah upaya agar menjadi solusi ditengah keterpurukan umat sepert ini. solusi yang bisa kita lakukan adalah kita mengupayakan seperti firman Allah SWT..

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik." (Ali Imran : 110)

amar ma'ruf nahi munkar, adalah kewajiban bagi kita selaku umat terbaik, selaku umat Rasulullah. Dakwah adalah kewajiban setiap individu, dan pada akhirnya secara berjamaah pula kita bisa membangun kekuatan, dan menjadi solusi yang terbaik di tengah umat.

solusi selanjutnya adalah kita kembali ke ajaran yang semestinya. tinggalkan panutan-panutan liar, obsesi-obsesi yang bukan berasal dari Islam. Rasulullah adalah uswah sejati, tidak ada yang pantas kita teladani selain dari beliau. maka apakah mungkin bagi kita mencari tuntunan selain dari Rasulullah dan AlQur'an..??

Allahumaghfirlil muslimina wal muslimat, mukminina wa mukminat, wal ahya wal amwat..

Wallahu a'lam

catatan :
redaksi diatas bukan redaksi yang sebenarnya dari isi khutbah jumat, tetapi hanya yang di ingat oleh penulis. maaf jika masih banyak kesalahan, karena setiap kesalahan murni dari penulis, sedangkan yang benar hanyalah milik Allah semata.

Miniatur Kehidupan bernama "Pasar"


Miniature kehidupan bernama “pasar”
Mungkin tidak banyak orang tahu tentang kebiasaan saya yang satu ini, ya saya hobi mengunjungi pasar. Jika kebetulan saya singgah di sebuah daerah, jika cukup lama pasti saya menyempatkan diri mengunjungi pasar, apa lagi jika pasar tersebut unik. Kenapa saya suka mengunjungi pasar..?? bahkan tanpa membawa sepeser uang pun, jawabannya dibawah.. hehe

Seorang motivator bisnis pernah berkata, “jika kamu sedang galau, rizki tersendat, dan butuh refreshing, pergilah ke pasar..” ya, memang jika dilihat dari kajian ekonomi, pasar memang objek yang sangat potensial bagi arus keuangan. Bayangkan saja, hanya dalam beberapa jam saja, disebuah pasar kecil, entah berapa ratus juta yang dengan cepat berpindah tangan. Disini kita akan sadar bahwa, potensi pendapatan terbesar itu ya di pasar.

Tapi, saya bukan pebisnis, lalu apa tujuan saya ke pasar, tidak lain adalah untuk mempelajari kehidupan. Tidak asing jika kita melihat orang-orang bekerja keras, bahkan kasar, tidak sedikit pula kotor (jika di pasar tradisional), setidaknya demi mendapatkan penghasilan. Lihatlah, betapa ramai, riuhnya orang-orang saling bertransaksi, bahkan bukan hanya demi uang, tapi juga demi kehidupan.

Saya senang dipasar, karena banyak orang ramah disana, menjajakan dagangannya dengan ramah, lembut, dan menarik..hehe.. tapi kenyataannya memang hidup harus seperti itu. Jika secara teori ilmu marketing mengatakan “kepuasan pelanggan adalah segalanya..” maka dalam kehidupan pun tidak jauh berbeda. Dalam interaksi social mestinya kita berharap sebuah ikatan emosional positif entah itu cinta, kasih, dan sayang, demi mendapatkan itu semua, maka keramahan, menarik, dan bijaksana, menjadi strategi dalam “memasarkan” diri kita.

Tidak hanya perihal kehidupan, setidaknya mungkin 1/3 hukum muamalah terjadi di pasar, jual-beli, pinjaman, hutang, kredit, gadai, dan segala bentuk muamalah ada di sana. Mungkin tempat pertama yang mesti ditegakkan hukum syariah ya di pasar. Bahkan, sebuah buku (saya lupa lagi judulnya) mengatakan, mungkin sebaiknya masjid dibangun di tengah pasar. Kenapa ? karena kekuatan hukum syariah di pasar hamper sama penting dengan kekuatan hukum di pemerintahan.

Sering kali saya tersenyum jika di tawari sebuah dagangan dengan ramah, atau pun tergetar jika melihat anak-anak kecil dengan lugunya menawarkan jasa pikul, atau kagum dengan harum keringat yang mengucur dari para pekerja yang berjibaku dengan kesibukannya melayani pelanggan atau mengangkut barang dagangannya. Tapi yang paling penting, adalah kita mensyukuri kehidupan ini, interaksi social yang sangat hebat, bayangkan jika mereka semua berinteraksi atas dasar ukhuwah, bukan hanya mencari keuntungan semata.

Baiklah, jika diatas saya menggambarkan alas an kenapa saya suka pergi ke pasar. Di paragraph akhir ini, saya akan membuat daftar pasar yang paling membuat kesan hebat yang pernah saya kunjungi. Dimulai urutan ke..

5. Jogjakarta
Saya tidak kenal dengan nama pasar ini, karena kebetulan saya datang malam hari dan berangkat di pagi harinya, tapi yang pasti pasar yang satu ini cukup mewakili keramahan jogja yang luar biasa. pasar ini berhasil mencetak kesan yang cukup indah di kepala, meski bukan karena interaksi dengan pedagannya tetapi lebih karena “nama” Jogjakarta nya itu yang keren. Oh iya, di pasar ini terkenal dengan bakpia pathok 25 nya, apa ya nama nya..??

4. Pasar wisata Songgoriti, Batu

3. Pasar Cipanas.
Kenapa berkesan..?? karena jarak paling dekat dengan rumah.. hehe.. ya setidaknya ada memori dari sejak kecil tertanam di pasar ini.

2. Depok
Depok, saya sering menyebutnya kota sejuta mall.. hehe.. karena hampir sepanjang jalan margonda dipenuhi mall, bahkan berdampingan atau berseberangan. Tapi disini juga terdapat beberapa pasar tradisional, seperti pasar stasiun depok baru, dan pasar depok jaya. Dan yang paling berkesan tentu saja pasar depok jaya, Karena hampir sebulan saya pernah terdampar disana.. hehe

1. Tanah abang, Jakarta
Ya, ini juaranya. Mungkin hanya dua kali saya pernah kesana, tetapi pasar ini luar biasa… luar biasa luasnya.. disini saya pernah tersesat sampai 7 lantai di bawah permukaan bumi.. :P ya, tapi disinilah saya memahami jika kehidupan kadang memang mahal sekaligus murah, dan mudah.
J


khutbah jumat 5 Rabiul tsani 1434 H part 2


3 karakter sifat yang kita tunggu didalam sosok seorang umat, adalah karakter yang menyerupai Rasulullah. Karakter-karakter yang kuat, tangguh, tegas, namun bijak, kita bukan mengharapkan sosok sempurna, kita hanya mengharapkan dan menunggu janji Rasulullah atas kedatangan seorang karakter pemimpin di akhir zaman.
3 karakter sebagai bentuk menampakan dari uswah Rasulullah.

1.      Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab :21)

Jika kita mengakui bahwa Rasulullah adalah sosok yang paling sempurna, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak meneladani akhlaknya. Uswah adalah sebuah keharusan umat untuk menjaga kemurnian ajaran Islam. Uswah adalah alternatife terbaik untuk memperoleh derajat mulia disisi Allah.

Karena dimasa ini, tidak ada satu pun sosok pemimpin yang bisa dibandingkan dengan keteladanan yang digambarkan Rasulullah. Tetapi kita optimis, hal ini bukan pertanda kematian ummat, kita tetap optimis, bisyarah Rasulullah akan segera tiba. Karena kita adalah umat terbaik.

2.      Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al-Fath : 29)

Karakter berikutnya adalah ketegasan, yang melahirkan sebuah kekuatan dahsyat didalam tubuh umat. Kekuatan yang sebenarnya telah diketahui didalam taurat maupun injil, kekuatan yang mampu mengeluarkan umat dari ketertindasan, kebodohan, dan keterpurukan.

23 tahun, Rasulullah sendiri telah membuktikannya. Hanya dalam 23 tahun, Arab berhasil beliau islamkan. Hanya dalam 23 tahun, syariat mampu tegak. Ketegasan menjadi salah satu kunci keberhasiln dakwah kala itu.

3.      Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

Kecintaan Rasulullah terhadap umatnya tidak bisa dipungkiri. Ummati, ummati, ummati adalah bukti cinta beliau disaat ajal menjemput. Kecintaan inilah yang berhasil mengerahkan segenap perjuangan untuk menyelamatkan umat dari kejahiliahan, kecintaan inilah yang berhasil menyeimbangkan tatanan kehidupan dalam hukum keadilan syariat.

lanjut ke part 3

khutbah jumat 5 rabiul tsani 1434H part1


Khutbah jumat 5 rabiul akhir 1434 H, masjid Baiturrahman Cipanas

Allah menciptakan manusia dengan bentuk sebaik-baiknya, bentuk bukan artian hanya berupa fisik, tetapi juga kesempurnaan sebagai makhluk. Setidaknya Allah mewariskan 2 sifatNya kepada manusia, yaitu sifat Jalaliyah dan Jamaliyah.

Inilah bukti kesempurnaan manusia sebagai makhluk, tidak seperti malaikat yang hanya memiliki sifat Jamaliyah, atau Iblis dengan sifat Jalaliyah, tetapi manusia memiliki keduanya, sebagai bentuk kesempurnaan sekaligus ujian didalam kehidupannya.

Dua sifat ini mengakibatkan keseimbangan didalam diri manusia, ada sebuah kecenderungan sekaligus ada hak pilihan, dan begitu pula melahirkan konsekuensi dan akibat. Maka, dengan ini manusia memiliki kewajiban untuk senantiasa memelihara diri, dan terus menerus muhasabah.

Tarbiyah, adalah sebuah keharusan bagi setiap individu. Tarbiyah adalah usaha memelihara diri dari kecenderungan sifat-sifat kontradiktif, dan tarbiyah juga sebagai proses menyeimbangkan diri dari semua sifat yang dianugerahkan Allah SWT.

Maka, tarbiyah membutuhkan sebuah panutan, membutuhkan sebuah bimbingan, arahan yang tidak menyebabkan ketidak seimbangan dalam dirinya. Uswah kita butuhkan dari sosok seorang yang riil, maka pantas jika kita merindukan sesosok yang pantas kita tiru, pantas kita teladani, sesosok pemimpin yang mampu men-tarbiyah bukan hanya diri setiap individu, tetapi juga masyarakat, bahkan bangsa dan Negara.

Janji Rasulullah adalah sebuah kepastian,
“Umatku bagaikan hujan, tak diketahui, yang lebih baik itu yang pertama ataukah yang terakhir” (HR. Abu Dawud At Thayalisi dan Abu Isa At Tirmidy)

Maka, di akhir zaman ini tentunya akan lahir seorang imam yang mampu mentarbiyah umat, mengarahkan sekaligus menyeimbangkan tatanan kehidupan yang tengah porak poranda dalam kegalauan jamaah.

lanjut part 2

Rabu, 13 Februari 2013

#Cokelat (wejangan menyambut Valentine..)


menyambut valentine ini, saya buat khusus kultwit tentang cokelat. bacanya pelan-pelan saja, biar nggak tersedak.. hehe

jadi apakah besok tiba2 #Cokelat jadi haram..?? ya ndak lah.. hehe

jadi kalau mau sedekah #Cokelat boleh dong..?? boleh lah... siapa juga yg larang.

tapi.. #Cokelat

kalau mau sedekah ya liat2 dulu, masa "sedekah" #Cokelat kok pas 14 februari sih..?? kan di hari lain bisa.. hee

lagian kasih #Cokelat besok sama siapa sih..?? kalau sama orang tua, adik kandung, boleh lah..

kalau sama orang lain..?? baiknya jangan dulu.. kenapa..?? "jaga hati.." #Cokelat

lagian juga... besok kan orang2 pada shaum.. masa kita sedekah#Cokelat sama yg lagi shaum.. nggak malu apa..?? :D

dari pada bela2in sedekah #Cokelat sama makhluk nggak jelas.. mending ikutan shaum yuk.. sehat..

eh.. emang kebiasaan ngasih #Cokelat masih ada ya..?? belum tahu ya kalau valentine itu HARAM..??

yaa.. kemana aja wahai kaum pemberi #Cokelat..??? Valentine itu HARAM.. hehehe

terus besok gimana dong itu #Cokelat..??

simpen di kulkas.. entar kalau pas buka makan deh #Cokelat nya..

jangan lupa juga... besok sebelum buka.. pastikan kamu sudah putus dgn berbagai makhluk nggak jelas si penerima #Cokelat ya.. :P

besok... pas bangun pagi.. langsung hubungi pacar kamu terus bilang.. "PUTUS.." entar #Cokelat kamu bakal tambah enak.. serius..

ya udah.. segitu dulu aja wejangan menyambut valentine nya ya.. mari kita berlindung dari godaan makhluk bernama "pacar" dan #Cokelat :P

Selasa, 12 Februari 2013

5 Kasus yang diduga "Konspirasi"

beberapa minggu kebelakang kita sempat dihebohkan oleh kasus suap daging sapi. sebenarnya jika melihat kasusnya sebenarnya biasa saja, tapi yang menjadi heboh ada tatkala ada tuduhan "konspirasi" terhadap kasus ini. namun sebenarnya, ada beberapa kasus yang pun berbau konspirasi, meski hukum tidak mengenal padanan kata itu, tetapi tetap saja masyarakat awam menilai ada yang salah dengan beberapa kasus berikut. Inilah 5 kasus berbau konspirasi.

1. kasus pembunuhan Munir

kasus yang terjadi di tahun 2004, ketika Munir dibunuh di atas pesawat pada saat penerbangan menuju Belanda. Hasil outopsi menunjukan didalam tubuh Munir terdapat kandungan arsenik yang melebihi batas sebagai penyebab kematiannya. Munir adalah seorang aktivis HAM yang sangat terkenal terutama di masa orde baru dan reformasi, ia juga adalah pendiri dari LSM Kontras. Sebenarnya kasus ini sudah menjerat seorang yang diduga sebagai tersangka yaitu pilotnya sendiri Pollycarpus. namun banyak kalangan termasuk kuasa hukum Munir sendiri yang masih melihat ada banyak kejanggalan dalam kasus ini, yang melibatkan petinggi dari Badan Intelejen Negara.

2. Kasus Antasari Azhar

Seorang ketua KPK yang terjerat hukum dan sempat menjadi headline selama berbulan-bulan. Antasari Azhar diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap Nasrudin Zulkarnain. Sepanjang pemeriksaan Antasari kerap membantah dan mengatakan sebagai konspirasi menjatuhkan KPK, namun hukum tetap menyatakan Antasari bersalah meski di lain kesempatan salah seorang saksi KomBes Williardi Wizar mengungkapkan bahwa dirinya "dikondisikan" disaat pembuatan BAP.


3. Bank century

Sebuah kasus yang merugikan negara mencapai 6,7 Triliun rupiah, Bank century seperti sebuah misteri yang tak kunjung selesai. perjalanan kasus ini dimulai ketika Bank Century mengumumkan kebangkrutannya, yang kemudian disertai tuntutan dari para nasabah untuk mengembalikan uang mereka. Meski awal kasus ini terjadi 2003 silam, namun sampai saat ini yang diduga sebagai pelaku utamanya, yaitu Budiono dan Sri Mulyani, masih belum diperiksa, hal ini mungkin dikarenakan jabatan strategis yang dimiliki 2 orang ini, yaitu budiono sebagai Wakil Presiden RI, dan Sri Mulyani sebagai pejabat penting di World Bank, yang juga sempat menjabat sebagai menteri keuangan.

4. Kasus Hambalang

Berawal dari tujuan mulia, namun berakhir tragis. Asal mulanya ingin meningkatkan prestasi atlit bangsa dengan membangun mega proyek pusat olah raga Hambalang, namun ternyata terjadi korupsi yang "hanya" menguntungkan segelintir pihak dari partai tertentu saja. mungkin ceritanya akan berbeda jika partai yang dimaksud bukan partai penguasa, situasi seperti ini, oleh sebagian pihak dituduh sebagai pemanfaatan kekuasaan untuk mengulur waktu, dan perlindungan atas jeratan hukum. Seperti yang ramai diketahui publik, Seorang Ketua Umum Partai tersebut, masih belum dinyatakan sebagai tersangka, meski banyak tuduhan telah dialamatkan kepadanya.

5. Suap Daging Impor

Selasa malam, seorang petinggi PKS ditangkap dengan dugaan penyuapan, dengan sebelumnya telah menangkap dua tersangka lain di hari yang berbeda. menjadi pertanyaan publik disaat kasus-kasus lain sangat lamban, namun untuk kasus yang satu ini sangat cepat dan terkesan mengada-ngada. Meski KPK telah membantah, dengan mengatakan penangkapan dilakukan atas dasar hukum dan pengamatan semenjak lama, namun publik tetap menilai ada kejanggalan. apalagi disaat tersangka adalah seseorang yang berasal dari sebuah partai yang mengusung bersih dari korupsi.

Sabtu, 09 Februari 2013

antara Wahabi, PKS, dan Ikhwanul Muslimin

tadinya gak mau ngebahas masalah beginian.. tapi setelah mendapat sebuah kabar seperti ini...( gambar disamping) hmm jadi miris. betapa perbedaan sering kali kita permasalahkan, wajar jika yang diangkat itu adalah perbedaan aqidah yang tidak bisa di sepelekan, tapi jika perbedaan itu hanya akibat ketidak tahuan dan kesalah pahaman..?? bukankah itu menjadi fitnah yang merusak..??

Sebelum lebih jauh mari kita mengenal wahabi. gerakan ini lahir di Arab Saudi melalui pencetusnya Muhammad bin Abdul Wahhab (selengkapnya silahkan cek di sini.. ) . Gerakan ini memang terkenal radikal, karena mereka memiliki misi dalam memurnikan Aqidah islam (menurut versi mereka), perang sampai pembantaian tidak terpisahkan dari perkembangan gerakan ini. akhirnya memang sebagaian besar umat Islam yang berhaluan sunni, memvonis "sesat" gerakan wahabi ini.

nah, bagaimana dengan PKS..?? menurut DR. Yusuf Qardhawi, PK (yang sekarang berganti nama menjadi PKS) adalah perpanjangan tangan dari ikhwanul muslimin dari Mesir. maka sepatutnya jika kita ingin memahami pergerakan PKS dengan memahami gerakan Ikhwanul Muslimin terlebih dahulu.

Ikhwanul Muslimin lahir di Mesir, atas prakarsa dari Hasan Al-banna. Meski pergerakan ikhwanul Muslimin lebih terkonsentrasi di ranah politik, konservatif, namun gerakan ini pun di propaganda "radikal", oleh siapa..?? oleh yang memusuhi ikhwanul Muslimin itu sendiri, yaitu Israel, Amerika, dan pemerintah mesir yang notabene diktator. maka catatan sejarah Ikhwanul Muslimin ini pun sempat mengalami masa kelam, dimana mereka dicap teroris, sehingga sebagian besar anggotanya ditangkap, dipenjara, bahkan dihukum mati. Ikhwanul Muslimin adalah gerakan Islam moderat yang cukup mencakup luasnya ajaran Islam. saat ini hampir 2/3 timur tengah sudah berafiliasi dengan ikhwanul muslimin.

nah, sekarang kita banding antara ikhwanul muslimin dengan wahabi. sebenarnya dua gerakan ini sangat jauh berbeda, dan sangat bertolak belakang. wahabi dengan keyakinan memurnikan aqidahnya, justru bertindak ekstrim, radikal, dan sangat menjauhi politik, mereka tidak segan-segan memerangi segala hal yang berbau bid'ah (setidaknya bid'ah menurut mereka). sedangkan ikhwanul Muslimin, mereka lebih konservatif, (terlepas dari propaganda yahudi yang mengatakan mereka radikal), berjuang dengan sarana politik, meski beberapa waktu pernah pula mengirim langsung pasukan seperti ke Palestina contohnya.

kesimpulannya, PKS adalah afiliasi dari gerakan Ikhwanul Muslimin, dan keduanya sama sekali tidak memiliki hubungan dengan wahabi.

Wallahu a'lam

Sumber :
http://semagung.blogspot.com/2011/02/ikhwanul-muslimin-wahabi-pks.html
http://kabarislam.wordpress.com/2012/12/21/sejarah-wahabi-dan-muhammad-bin-abdul-wahhab/
http://al-ikhwan.net/

Rabu, 06 Februari 2013

Fizhillalil Qur'an


Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara. Kalian tidak akan sesat selama berpegangan dengannya, yaitu Kitabullah (Al Qur'an) dan sunnah Rasulullah Saw. (HR. Muslim)

Seorang Muslim mestinya wajib mengkaji ilmu dari satu sumber ini, Al-Qur’an. Panduan hidup, ajaran, arahan, serta hikmah yang luar biasa berada disini. Bagaimana tidak, inilah firman Allah, kalimat yang langsung berasal dari Allah.

Terbayang bagaimana jika seorang yang sadar usianya akan berakhir, kemudian mencoba menghasilkan sebuah karya terbaiknya..?? inilah yang saya rasakan tatkala membaca sebuah kitab tafsir, Fizhilallil Qur’an, atau Di Bawah Naungan Al-Qur’an. Sayyid Quthb berhasil menghasilkan sebuah karya besar, amal jariyah yang luar biasa di penghujung hidupnya, tafsir Fizhillalil Qur’an memang agak berbeda dari kitab tafsir kebanyakan.

Rangkaian kata, susunan redaksi dalam kitab ini sangat indah, namun menghujjah, setidaknya itulah yang dapat kita rasakan dalam terjemahannya. Terdapat sebuah kekuatan, sekaligus keindahan, namun tidak sedikitpun mempengaruhi esensi kebenaran yang semestinya ada dalam sebuah kitab Tafsir.

Kehadirannya di awal abad ke-20, menyebabkan banyak tantangan hadir malang melintang dalam penyusunan kitab tafsir ini. Tantangannya saat umat tidak hanya butuh pengertian dan penjelasan secara ma’tsur namun pun secara ra’yi. Saat umat digerus pemikirannya oleh liberalism, hedonism, ideology dictator, dan keterbukaan sains, Sayyid Quthb berhasil menjawab tantangan itu. Sayyid quthb mampu menjelaskan sebuah kajian tafsir dengan mengikut sertakan pemahaman logika, beserta bukti-bukti entah itu berupa sains atau catatan sejarah (dan tentu saja yang relevan di masa itu), disamping tentu saja kajian utamanya yang berupa penjelasan dari hadits.

4 rekomendasi rasanya sudah cukup meyakinkan saya untuk belajar dari kitab tafsir Fizhillalil Qur’an. Rekomendasi itu berasal dari Prof. K. H. Ali Yafie, Dr. K. H. Didin Hafidhuddin, Dr. K. H. Miftah Faridl, dan Prof. Dr. Din Syamsudin. Rekomendasi ini bisa dibaca dibagian belakang cover kitab.

Setidaknya, inilah referensi kitab tafsir kedua yang ada di rumah kami (penulis blog, yang satu lagi adalah tafsir Al-Jalalaein). Di beberapa artikel saya langsung mengutip dan mensarikannya dari kitab yang satu ini. Allahum arhamna bil Qur’an..

Selasa, 05 Februari 2013

Skenario Kehidupan


Skenario Kehidupan

Pernahkah kita bertanya kenapa kehidupan kita seperti ini..?? kenapa Allah menempatkan kita dikeluarga ini..?? atau mungkin kenapa orang yang-yang kita cintai meninggalkan kita terlebih dahulu..?? itu terjadi atas sekenario Allah, kita mungkin lebih mengenalnya takdir dan nasib, namun di artikel ini saya lebih tertarik mnyebutnya skenario, esensi nya sama, namun biasanya skenario lebih lengkap, terarah, dan memiliki maksud.

Di artikel sebelumnya, saya pernah menyinggung tentang ummi-nya Rasulullah. Keadaan dimana Rasulullah disebut sebagai buta huruf, tidak bisa membaca dan menulis. Berikut dengan penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan “Ummi” nya itu. Ternyata, dibalik ini pun terlahir akibat skenario yang telah Allah rencanakan. Perhatikan alur masa kecil Rasulullah.

Terlahir dalam keadaan yatim, di asuh oleh ibu susu Halimatussa’diyah, kemudian dididik oleh Aminah sampai 6 tahun, sampai menjadi yatim-piatu, sepeninggal ibundanya di Abwa. Hak asuh jatuh ke kakeknya Abdul Manaf sampai usia 10 tahun, dan kemudian hak asuh berpindah kembali ke pamannya Abu Thalib, sampai beliau mandiri dan menikah dengan Khodijah.

Sampai disana saja, ada pertanyaan yang menggelitik gak..?? kok Allah sampai segitunya sih..?? hehe.. pertanyaannya yang agak ngawur sebenarnya, tapi disini lah letak poin yang akan saya angkat, dimana ternyata, masa kecil Rasulullah pun sudah diatur sedemikian rupa agar beliau siap mengemban amanah besar dimasa depan kelak. Penjelasannya sederhananya seperti ini.

Terlahir dalam keadaan yatim, Muhammad kecil dididik mandiri. Begitu pun di usia 2 tahun ia terbiasa “di asuh” orang lain, Halimatussa’diyah. Dalam beberapa cerita, sering diceritakan teman sepermainan Muhammad, yaitu putra dari Halimah sendiri, disini lah terjalin interaksi social pertama Muhammad. Usia 6 tahun, Allah telah memanggil Aminah, di usia ini skenario Allah menilai Muhammad telah siap beranjak ke fase berikutnya. Abdul Manaf, sang kakek memberi tauladan yang luar biasa, yang besar kecilnya mempengaruhi Muhammad muda. Abdul Manaf adalah pimpinan Quraisy yang amat disegani, pemimpin yang bijak, dan dihormati di kaumnya, disinilah Muhammad kecil belajar tentang kepemimpinan, organisasi, kebijaksanaan, dan politik. Setelah di rasa cukup, kemudian Abdul Manaf meninggal, dan hak asuh beralih ke Abi Thalib, disinilah fase berikutnya berlanjut. Dalam asuhan Abu Thalib, Muhammad muda terbiasa dengan bisnis, perdagangan, entrepreneur, dan keterampilan lainnya, seperti menggembala, sampai di titik Muhammad menjadi entrepreneur sukses, dan siap diangkat menjadi Rasulullah.

Skenario Allah masih berlanjut jauh, namun sampai disini saja seharusnya kita sudah memahami bahwa skenario Allah memang memiliki kuasa atas kehidupan kita. Hmmm… bagaimana kalau kita lanjut ke ilustrasi ke dua, mungkin ini lebih logis.

Muhammad bin Idris, siapa yang kenal..??? mungkin agak jarang mendengar namanya, tapi kalau Imam Syafi’i..?? pasti langsung jawab pendiri Mazhab Syafi’i. Nah, jika ilustrasi Nabi Muhammad di atas lebih kearah kuasa Allah, karena Allah lebih bermaksud meng-“Ummi”-kan Rasulullah, dan menjaga ke maksumannya, berbeda dengan Imam Syafi’I, disini kita akan menemukan aspek ikhtiar.

Imam Syafi’I atau Muhammad bin Idris ini memang “be a man” akibat dari rangkaian ikhtiar yang beliau dan ibundanya perjuangkan. Kita tahu Imam Syafi’I ini hafal qur’an di usia 7 tahun, namun beliau tidak serta merta hafal begitu saja. Ibunda Syafi’I kecil adalah seorang hafidzoh, maka bayangkan jika dengan kewajiban sang bunda untuk memelihara hafalannya, misalkan dalam seminggu khatam Al-Qur’an dua kali, artinya di usia 7 tahun, Syafi’I telah mendengar bacaan Al-Qur’an sempurna sebanyak 1176 kali. Di samping memang syafii kecil telah memiliki program tahfidz semenjak kecil.

Logikanya untuk menjadi seorang ilmuwan, belajarlah ke ilmuwan lain. Begitu pun yang dilakukan Imam Syafi’I, agar menjadi seorang pakar fiqih sekaliber imam, beliau menggali ilmu dari seorang yang memiliki predikat sama, yaitu dari Imam Maliki. Tidak hanya sampai disana, ilmu fiqihnya tersebut ia wariskan ke penrus imam selanjutnya, yaitu Imam Hambali.

Nah, sekarang mungkin lebih jelas, ternyata skenario Allah pun bisa berbanding lurus dengan ikhtiar yang kita lakukan. Malah, doa dan ikhtiar pun sebenarnya bagian dari skenario yang telah Allah persiapkan untuk kita. Jadi bagaimana dengan skenario hidupmu..?? sudahkah kamu memahaminya..??

Wallahu a’lam

Minggu, 03 Februari 2013

Saksikanlah, Aku Adalah Muslim


“Iman adalah pengakuan dengan hati, pengucapan dengan lisan, dan pengamalan dengan anggota badan.”(HR Thabrani)

Hadits yang cukup singkat namun sangat luas dan dalam maknanya. Memang hadits ini memiliki pesan yang luar biasa, motivasi, dan amanah yang hebat bagi seorang mukmin.

Saat mengaku iman, mungkin hati, dan lisan saja cukup hanya sekedar berkata “Asyhadu..” tapi sadarkah esensi sebenarnya dibalik kalimat ini..??

Saat mengaku beriman, hati adalah tempat pertama segalanya bermula, hati menjadi muara segala interaksi-interaksi yang pada akhirnya akan berkaitan dengan pengakuan imannya itu. Hati akan mulai mengolah segala macam sumber, data, input, mengkonfigurasikannya dengan iman yang tertancap dalam hatinya. Saat pengakuan iman, bagaikan sebuah program yang otomatis terinstal dalam hati, yang kemudian akan mengoperasikan seluruh aspek dalam kehidupan.

Jika hati sebagai alat pengolah, input, sebuah sistem operasi kehidupan, maka out put nya adalah lisan dan tindakan. Lisan dan tindakan menjadi sebuah tolak ukur, sekaligus proyeksi ukuran keimanan kita. Lisan dan tindakan adaah sebuah konsekuensi yang tidak bisa dipungkiri, ia lahir beriringan dengan deklarasi keimanan yang kita lakukan.

Konsekuensi itu adalah dakwah. Berbicara, berbincang, berorasi, atau bahkan bergumam, hati akan memprogram semua itu berdasarkan visi yang ia miliki. Mukmin, memiliki visi yang tinggi, Syurga hanya lah bagian dari visinya, namun keridhaan Allah atas hidup dan mati adalah visi yang tidak bisa ditawar lagi.

Konsekuensi berikutnya adalah sholeh secara individu (Insan Kamil) dan secara social (Islam Kaffah). Allah menciptakan manusia dengan segala karakteristiknya, kekuarangan, dan kelemahannya bukan berarti menjadi alas an bagi manusia untuk menyerah atas kelemahannya, bagaimana pun juga manusia dituntut untuk hidup sesempurna mungkin, dengan segala ikhtiar, doa, ketawakalannya. Seharusnya manusia yang beriman, mengakui bahwa kesempurnaan sejati hanyalah milik Allah, dan manusia hanya makhluk lemah, namun pengakuan tidak cukup sampai disana. Maka, patuhlah, taatlah, “sami’na wa-atho’na..”, ikutilah petunjuk dari Yang Maha Sempurna, maka itulah prasyarat menjadi insan kamil sesungguhnya.

Maka jika insan kamil telah bergabung, bersatu padu dalam sebuah jamaah, maka disinilah momentum Islam Kaffah. Kesempurnaan agama ini hanya bisa dibuktikan dengan jamaah, sebuah peradaban yang mewakili tatanan sejati ajaran Islam, peradaban yang mengusung hukum dan petunjuk Al-Qur’an.

Inilah tugas kita, tugas setiap individu yang memiliki hati dalam raganya. Tugas setiap jiwa yang dengan pengakuannya ia berakat, “Saksikanlah, Aku adalah Muslim.”

Wallahu a’lam

Sabtu, 02 Februari 2013

Sami Yusuf - Free


sebuah lagu dari Sami Yusuf, bertajuk Free. salah satu nasyid favorit, kemasannya luar biasa, aransemen dan penggunaan musik, menghasilkan lagu yang cukup keren. tapi tahu gak, arti dibalik lirik lagu ini, berikut adalah terjemahan bebas dari lagu ini, semoga bisa mencerahkan..

***

“Apa yang kau pikirkan, saat kau duduk disana dan menatapku
Ya, aku tahu dari penampilanmu, Bahwa kau pikir aku sangat tertindas
Tapi aku tidak memerlukanmu untuk membebaskanku


Kepalaku tidak botak, Kau hanya tidak dapat melihat rambutku yang tertutup
Jadi, kau duduk disana dan menatap, Dan kau menilaiku dengan pandanganmu
Kau begitu yakin bahwa aku putus asa, Tapi apakah kau tidak sadar..??
Di bawah ini, jilbab yang kupakai, aku punya perasaan, dan aku peduli

Tidakkah kau lihat..?? Bahwa aku benar-benar bebas
Ini sepotong jilbabku, aku pakai begitu bangga
Untuk menjaga martabat ku ...

aku menjaga kesopanan
aku menjaga integritas
Jadi jangan menilaiku
Buka matamu dan lihatlah ...
Dia berkata,”kenapa kamu tidak bisa menerimaku..??”
Dia berkata,”kenapa aku tidak boleh menjadi diriku sendiri..??”

Berkali-kali
Kau berbicara tentang demokrasi
Namun kau sendiri yang merampok kebebasanku
Aku hanya ingin setara, jadi kenapa kau tidak membiarkan aku bebas (dengan jilbabku) ?”

Untukmu, aku menyanyikan lagu ini
Saudara perempuanku, kau selalu menjadi kuat
Darimu aku telah belajar Begitu banyak
Bagaimana dirimu begitu menderita
Namun kau memaafkan mereka yang menertawakanmu
Kau berjalan tanpa takut
Melalui penghinaan yang kau dengar
Kau berharap begitu tulus
Bahwa mereka akan mengertikanmu
Tapi, sebelum kau pergi
Kali ini kau berbalik dan berkata:

Tidakkah kau lihat..??
Bahwa aku benar-benar bebas
Ini sepotong jilbabku
aku pakai begitu bangga
Untuk menjaga martabat ku ...

aku menjaga kesopanan
aku menjaga integritas
Jadi biarkan aku menjadi diriku sendiri
Dia mengatakan sambil tersenyum
Dengan jilbab ini, aku adalah orang bebas..

** lirik asli **

What goes through your mind?
As you sit there looking at me
Well I can tell from your looks
That you think I?m so oppressed
But I don?t need for you to liberate me


My head is not bare
And you can’t see my covered hair
So you sit there and you stare
And you judge me with your glare
You’re sure I’m in despair
But are you not aware
Under this scarf that I wear
I have feelings, and I do care

CHORUS:
So don’t you see?
That I’m truly free
This piece of scarf on me
I wear so proudly
To preserve my dignity...

My modesty
My integrity
So don’t judge me
Open your eyes and see...
‘Why can’t you just accept me’? she says
‘Why can’t I just be me’? she says
Time and time again
You speak of democracy
Yet you rob me of my liberty
All I want is equality
Why can’t you just let me be free?

For you I sing this song
My sister, may you always be strong
From you I’ve learnt so much
How you suffer so much
Yet you forgive those who laugh at you
You walk with no fear
Through the insults you hear
Your wish so sincere
That they’d understand you
But before you walk away
This time you turn and say:

But don’t you see?
That I’m truly free
This piece of scarf on me
I wear so proudly
To preserve my dignity
My modesty
My integrity
So let me be
She says with a smile
I’m the one who’s free



Dasa Darma poin ke 10


Bagaimana pun juga saya telah menghabiskan 8 tahun aktif di kepramukaan, meski sekarang menjadi anggota pasif. Dalam rentang waktu 8 tahun tersebut, banyak sekali momen yang berhasil membuka, dan menjadi pencerahan bagi saya, saat-saat menjadi junior atau pun menjadi senior.

Salah satu momen yang berkesan di penghujung ke aktifan saya di Pramuka, terjadi di PTA (Penerimaan Tamu Ambalan) tahun 2011. Saat itu, saya diminta membantu kegiatan dengan menjadi salah satu dari tim pengujian, saat itu saya berinisiatif mengambil tentang dasa darma, terutama poin ke-10.

10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.
Begitulah kira-kira bunyi nya, sejujurnya poin dasa darma yang satu ini selalu menjadi momok bagi setiap anggota pramuka, karena isinya yang agak berat (atau sangat berat). Nah, dalam kesempatan PTA itu saya mencoba menggali arti dari poin ke-10 ini, mungkin agak lupa, tapi kurang lebih dialognya seperti ini
Saya       :Apa itu suci..??
Peserta :Bersih, tidak kotor

Saya       :Bagaimana maksud dari suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan..??
Peserta :Selalu berkata berfikir, berkata, dan berbuat dengan “bersih”

Saya       :Bagaimana agar kita tahu, sedangakan kita tidak mungkin membaca pikirannya, memantau setiap yang dibicarakannya, dan memperhatikan gerak geriknya setiap hari..??
Peserta : “terdiam”

Saya       :Oke, tahu najis..??
Peserta :Tahu, kotor, kebalikan dari suci

Saya       :Bagaimana karakteristik najis mutawasithoh..??
Peserta :Berwujud (terlihat), berbau, dan berwarna

Saya       :Bagaimana cara mensucikannya..??
Peserta :Membersihkannya sampai, najis yang terlihat, baunya, dan warnanya, hilang..

Saya       : Sudah yakin dengan itu sudah suci..??
Peserta : “terdiam”

Saya       : Dalam kaidah fikih, itu sudah suci.. meskipun sejatinya kita sendiri tidak tahu sudah suci atau belum, bayangkan dengan kondisi umat nabi musa, pada waktu itu kalau terkena najis, maka bagian yang kotornya itu harus dipotong, untk memastikan kebersihannya, bagaimana kalau yang terkena najis itu adalah tubuh kita..??? makanya Allah tidak memberatkan umat kita ini. Kita kembali ke poin 10 dasa darma, sudah bisa di ambil kesimpulan..??

-          Kesimpulannya, kita manusia dengan segala keterbatasannya, memang di haruskan untuk senantiasa suci, senantiasa berbuat baik, bukankah manusia itu diciptakan dalam bentuk sempurna..?? maka kita punya kewajiban untuk menjaga kesempurnaan itu. Namun, saat dihadapkan dengan orang lain, Allah menganugerahkan kita indera, dan cukup lah penilaian itu hanya berdasarkan indera yang kita miliki. Saat saya sendiri menguji poin 10 dasa darma, saya menilai hanya cukup dari perkataan, dan tingkah laku di saat pengujian ini, karena selebihnya saya tidak akan bisa menilai karena keterbatasan itu tadi. Disamping itu, saya sendiri pun memiliki kewajiban untuk mengamalkan dasa darma poin ke 10 ini ke kalian, apa itu..?? suci dalam pikiran, sebagai anggota pramuka, kita memiliki kewajiban untuk senantiasa berfikir baik terhadap orang lain, dengan kata lain kita harus senantiasa husnuzhon.

-          Lantas, jika saya sebagai penguji, tidak bisa menilai “kesucian” kalian, lalu siapa yang bisa..??

-          Hanya Allah dan diri kalian sendiri.


Wallahu a’lam

Rabu, 30 Januari 2013

Antara Ulil, Salim A FIllah, dan Hukum Perkosaan dalam Islam (Bukti kesalahan JIL)

Antara Ulil, Salim A FIllah, dan Hukum Perkosaan dalam Islam (Bukti kesalahan JIL)



Masih ingatkah dengan kasus perkosaan seorang anak berinisial RI..?? atau kasus perkosaan di India..?? ya itu hanya beberapa peristiwa keji yang terjadi awal 2013 ini. Dibawah ini saya membeberkan time line dari seorang pentolan JIL, siapa lagi kalau bukan Ulil Absar Abdallah, tentang pandangannya tentang perkosaan dalam hukum Islam.

Saya adalah seorang Anti-JIL, karena itu saya men-share artikel ini agar menjadi penguat aqidah dan penambah ilmu. Meski TL dari Ulil ini sepintas terlihat benar, namun ini adalah bukti KEBODOHAN mereka. Karena itu selain dari Ulil saya sertakan pula jawaban dari Ust. Salim A Fillah, untuk meluruskan pernyataan Ulil ini.

Bismillah, semoga Allah melindungi kita dari bahaya JIL, dan semoga Allah memberi hidayah kepada mereka..
Ulil
1.     Apakah ada pembahasan soal perkosaan dlm hukum Islam klasik? Ini pertanyaan menarik. Jawabannya: Tak ada!
2.     Baik di Quran dan hadis, maupun dlm diskursus fikih klasik, tak ada pembahasan soal pemerkosaan.
3.     Karena itu, oleh banyak kalangan dlm Islam, soal perkosaan disamakan dg kasus perzinahan biasa. Padahal beda sama sekali.
4.     Terus terang, hukum Islam "gagap" menghadapi fenomena pemerkosaan ini. Akibatnya, yg jadi korban perempuan.
5.     Di banyak negeri yg "konon" menerapkan hukum Islam, perempuan banyak jadi korban dlm kasus pemerkosaan. Kenapa?
6.     Pertama, karena, spt saya bilang tak ada pembahasan soal pemerkosaan dlm sumber2 utama hukum Islam: Quran dan sunnah.
7.     Karena tak ada bab soal pemerkosaan dlm hukum Islam, akhirnya kejahatan ini disamakan sj dg kasus zinah biasa.
8.     Kedua, karena hukum acara pembuktian delik zinah dlm hukum Islam cenderung merugikan perempuan dlm kasus pemerkosaan.
9.     Dalam hukum Islam, seseorang bisa dihukum krn kejahatan zina jika ada saksi empat orang yg menyaksikan aksi zinahnya.
10.   Kalau tak ada empat saksi yg menyaksikan kegiatan penetrasi penis ke vagina, menurut hukum Islam, seseorang tak bisa dituduh zina.
11.   Hukum acara spt itu membuat seorang perempuan sulit membuktikan bhw dirinya diperkosa.
12.   Belum lg, sifat delik dalam hukum Islam sangat unik, dan, sori, ketinggalan zaman. Delik dlm hukum Islam selalu bersifat personal.
13.   Maksud delik yg bersifat personal adalah: suatu kejahatan sifatnya adalah dlm kaitan hubungan individu dg individu yg lain.
14.   Tak ada konsep "delik umum" dlm hukum Islam, kecuali dlm kejahatan terhadap negara, spt pemberontakan (separatism).
15.   Krn delik sifatnya personal, maka dlm kasus tuduhan pemerkosaan, menurut hukum Islam, kewajiban menghadirkan saksi ada pd pihak yg menuntut.
16.   Artinya, jika seorang perempuan melaporkan bhw dirinya diperkosa, maka dia wajib menghadirkan empat saksi yg menyaksikan pemerkosaan.
17.   Betapa berat beban semacam itu bg perempuan korban pemerkosaan, jika yg dipakai adalah hukum Islam.
18.   Dlm kasus tertentu, perempuan jg sulit melaporkan kasus pemerkosaan dlm konteks hukum Islam krn khawatir kena tuduhan "qazaf".
19.   "Qazaf" artinya kejahatan krn seseorang menuduh orang lain berzina dan tak mampu menghadirkan empat saksi yg menyaksikan penetrasi penis.
20.   Jika seorang perempuan melaporkan kasus pemerkosaan, dan tak bisa menghadirkan 4 saksi, maka dia bisa kena tuduhan "qazaf".
21.   Dlm situasi seperti itu, perempuan menghadapi situasi dilematis: melaporkan atau tak melaporkan pemerkosaan.
22.   Apalagi, kebanyakan "ulama fikih" tak memahami beban psikologis yg ditanggung perempuan ketika melaporkan kasus pemerkosaan.
23.   Bkn hanya ulama fikih. Umumnya laki2 di masyarakat kita tak sensitif thdp seriusnya kasus pemerkosaan, terutama dr sudut pandang perempuan.
24.   Akibat dominannya budaya patriarki dlm masyarakat yg mengunggulkan laki2, masalah pemerkosaan cenderung diremehkan.
25.   Candaan bapak2 di DPR dan calon hakim agung Daming Sunusi soal pemerkosaan hanya permukaan gunung es dari budaya patriarki itu.
26.   Kembali ke isu awal: Tak adanya pembedaan antara pemerkosaan dan perzinahan itu mmg salah satu problem serius dlm hukum Islam.
27.   Kebanyakan penolakan aktivis perempuan di berbagai negara terhadap penerapan hukum syariat, antara lain, ya soal pemerkosaan itu.
28.   Bagi para aktivis perempuan di berbagai negeri Muslim, dlm kasus pemerkosaan, hukum Islam merugikan perempuan.
29.   Saya akan mengakhiri twit soal pemerkosaan ini, dg kultwit saya dulu soal Islam sbg agama yg mengatur semua hal. Betulkah?
30.   Pemerkosaan ini contoh yg gamblang bhw Islam tak mengatur semua hal. Dlm Quran, sunnah, atau literatur fikih, isu ini tak diatur.
31.   Yang diatur dlm Quran, sunnah, dan fikih, hanya soal perzinahan. Tp bukan pemerkosaan. Beda mendasar antara keduanya.
32.   Konsep ttg pemerkosaan ini nyaris absen dlm masyarakat yg patriarkis. Sbb perempuan dianggap sbg obyek seks bagi laki2.
33.   Konsep ttg pemerkosaan muncul setelah masyarakat menyadari bhw perempuan adaah subyek yg harus dihormati pd dirinya sendiri.
34.   Perempuan adalah subyek yg punya nilai yg sama dg laki2. Karena itu, dia tak bisa dijadikan obyek seksual yg pasif.
35.   Yg menarik, skg muncul konsep ttg "marital rape". Pemerkosaan dlm ikatan perkawinan. Ini konsep yg tak dikenal dlm sistem patriarki.
36.   Marital rape: kegiatan seksual oleh pasangan yg terikat perkawinan tp mengandung unsur pemaksaan dari salah satu pihak.
37.   Konsep "marital rape" ini jelas tak dikenal dlm hukum agama manapun, termasuk dlm hukum Islam.
38.   Dlm Islam, bahkan ada hadis: Jika perempuan menolak berhubungan seks dg suami, dia akan dilaknat malaikat semalam suntuk.
39.   Berkaitan dg isu pemerkosaan ini, saya akan membahas isu lain yg jg relevan, yaitu soal pelecehan seksual.
40.   Sebagaimana isu pemerkosaan, dlm hukum Islam jg tak ada pembahasan soal pelecehan seksual
41.   Dalam hukum Islam, bahkan "pelecehan seksual" ini tak ada istilahnya. Terutama dlm literatur fikih klasik.
42.   Konsep "pelecehan seksual" baru muncul dlm diskursus pemikiran Arab modern, pengaruh dari modernisasi tentunya.
43.   Sekarang, baru ada istilah "al-taharrusy al-jinsi", yakni pelecehan seksual. Ini istilah baru. Tak ada dlm bahasa Arab klasik.
44.   Mestinya, ada bab soal pelecehan seksual dlm literatur fikih, sbb ada istilah di Quran yg mengarah kepada tindakan itu.
45.   Di Quran 33:59, ada penggalan ayat yg bisa ditafsirkan sbg kegiatan pelecehan seksual: "dzalika adna an yu'rafna fala yu'dzaina".
46.   Istilah idza' (scr harafiah: menyakiti) yg disebut dlm ayat 33:59 itu bisa dimaknai sbg "pelecehan seksual".
47.   Tetapi, masalah idza' al-mar'ah dlm pengertian pelecehan seksual ini tak dibahas sama sekali literatur fikih klasik.
48.   Saat menulis kultwit soal pemerkosaan ini, saya dengar berita di TV soal ditangkapnya pelaku2 pemerkosaan keji di India. Alhamdulillah!
49.   Saya lanjutkan twit2 soal pemerkosaan dan pelecehan seksual.
50.   Cara mengatasi pelecehan seksual (idza') dlm ayat 33:59 tadi adalah: Menyuruh perempuan pakai jilbab.
51.   Jd, kalau mau menghindari pelecehan, ya perempuan harus pakai pakaian yg tertutup, spt disebut ayat 33:59. Laki2 tak disentuh.
52.   Fokusnya dlm mendiskusikan soal pemerkosaan dan perkosaan selalu perempuan. Laki2 diabaikan. Ini khas patriarkisme!
53.   Absennya pembahasan soal pelecehan seksual dlm hukum Islam, saya kira, karena sebagian besar juris Islam adalah laki2.
54.   Karena itu, mmg perlu perubahan paradigma dlm hukum Islam sehingga sensitif terhadap pengalaman perempuan.
55.   Bukan hanya dlm hukum Islam sj. Dlm masyarakat, jg perlu ada perubahan paradigma dlm melihat soal pelecehan seksual ini.
56.   Pandangan patriarkal yg cenderung menyalahkan perempuan dlm kasus pemerkosaan/pelecehan, saya kira, masih dominan.
57.   Saya tak menganggap agama sbg satu2nya yg bertanggung-jawab dlm kuatnya pandangan patriarkal ini. Faktornya kompleks.
58.   Sebagian besar agama2 di dunia ini mmg cenderung patriarkal, membela laki2, dan menomorduakan perempuan.
59.   Tp agama bukan satu2nya faktor. Kultur patriarkal dlm masyarakat terbentuk krn banyak faktor yg kompleks.
60.   Jangan lupa, kultur patriarkal ini bukan sj ada di masyarakat non-Barat. Bahkan di Barat sisa2nya masih ada. Terutama di AS.
61.   Apa faktor2 yg membentuk budaya dan struktur patriarki dlm masyarakat? Mungkin bisa jd kultwit di kesempatan lain.
62.   Sekian twit pagi ini. Semoga bermanfaat. Selamat bekerja! :)


berikut jawaban dari Ust. Salim A Fillah

1.     Semoga Gus @ulil yang 'alim atas perkara ini berkenan memeriksa; perkosaan di masa 'Umar terjadi karena seorang pemuda menyamar jadi wanita.
2.     Seorang wanita tua menitipkan anak berpakaian perempuan pada si calon korban; yang meski tak berjenggot ternyata lelaki baligh adanya. @ulil
3.     Seorang wanita tua menitipkan anak berpakaian perempuan pada si calon korban; yang meski tak berjenggot ternyata lelaki baligh adanya. @ulil
4.     Jadi kesimpulan kami yang bodoh & kurang teliti ini; 1) Perkosaan itu kasus langka; tapi ada pembahasan & penyelesainnya dalam atsar.@ulil
5.     Simpulan 2) Ia langka terjadi pada masa Rasul & Khulafaur Rasyidin sebab keterjagaan Jilbab & Hijab yang tertata sekaligus membudaya.@ulil
6.     Simpulan 3) Maka demikianlah sifat asal Syari'ah yang indah; menjaga sebelum terjadi, mencegah agar tak perlu ada, & menutup celahnya. @ulil
7.     Simpulan 4; maka dengan asas itu jua had aneka pelanggaran ditetapkan berat dengan syarat rumit; sebab tujuan aslinya bukan menghukum. @ulil
8.     Simpulan 5; Quran hadir mendidik jiwa dengan pemahaman sempurna akan kecenderungan & sifatnya; maka 'delik akuan' lebih sering muncul. @ulil
9.     Simpulan 6; di masa 'Umar, perkosaan itu bukan di jalanan, melainkan penyusup di rumah; menunjukkan penjagaan hijab sangkil & mangkus. @ulil
10.   Simpulan 7; maka dalam iman kami yang sering compang-camping oleh maksiat diri; tetap ada keyakinan, aturanNya menjaga & memberkahi.. @ulil
11.   Demikian; tertatih oleh sempit wawasan & dangkalnya pemahaman; kami berlancang hati menanggapi Gus @ulil; moga membuka pintu ilmu tuk kami..
12.   Shadaqat @WartaNU; di bahasan Fiqh; pembedaan terjadi pada siapa "Mudda' 'Alaih"-nya; zina jatuh keduanya; perkosaan salah-satu saja. @ulil
13.   1) Shahih Gus @ulil; kita mendapati hal ini dalam banyak aqwal para 'Ulama. Ibn 'Abdil Barr dalam Al Istidzkar misalnya menulis.. @wartanu
14.    Kita dapati riwayat perkosaan & penanganannya di masa Khilafah 'Umar; & memang ia perkara langka sebab Syari'at Hijab indah menjaga:) @ulil
15.   2) “Para ulama sepakat bahwa orang yang melakukan tindak perkosaan berhak mendapatkan hukuman had jika terdapat bukti atau.. @ulil @wartanu
16.   3) ..pelaku mengakuinya." Tapi beliau menambah, "Jika TIDAK, tertuduh pelaku berhak mendapatkan HUKUMAN DALAM BENTUK LAIN." @ulil @wartanu
17.   4) Syaikh @almonajjid mensyarah hal ini; “Jika tak terdapat bukti yang menyebabkan dia berhak mendapat hukuman had; karena..@ulil @wartanu
18.   5) “..dia tak mengakui atau tak ada 4 saksi atau penunjuk yang dikuatkan ahli {misal tes DNA sperma pelaku di tubuh korban}.. @ulil@wartanu
19.   6) ..maka diselenggarakan pengadilan Ta'zir tuk menjatuhkan hukuman yang menjerakan bagi tertuduh maupun calon pelaku lain."@ulil @wartanu
20.   7) Keterangan ini; dengan memasukkan unsur bukti penunjuk teknologi & ahli; sebagaimana dalam hal lain, Fiqh menerima sains.@ulil @wartanu
21.   8) Berlapis pula jeratannya dengan; andai lolos dari pembuktian pun, si pelaku masuk pengadilan Ta'zir untuk HUKUMAN LAIN. @ulil@wartanu
22.   9) Imam Al Baji dalam Al Muntaqa Syarh Al Muwaththa menguatkan Madzhab Maliki, Syafi'i, & Hanbali tentang denda setara mahar. @ulil@wartanu
23.   10) Dan tambahan catatan; perkosaan dengan ancaman senjata masuk ke jinayah berganda; had zina & hukuman perampokan berat.@ulil @wartanu
24.   11) @almonajjid mengacu {QS5:33} menegaskan hukuman tambahan itu; salib, bunuh, potong tangan-kaki menyilang, & pembuangan. @ulil @wartanu
25.   12) Demikian kami nan faqir ilmu ini memberanikan diri menanggapi; selalu berharap bertambah pemahaman dari penjelasan Gus @ulil &@wartanu.
13) Dalam soal 'romantis'; saya masih harus belajar tekun dari cara pandang Gus @ulil pada muffinnya Ning @tsuroiya & 'Islam yang Membebaskan";)

Wallahu a'lam




@syarifbaraja : Perkosaan adalah pemaksaan berzina. Bisa dilihat pembahasannya di http://www.saaid.net/Doat/hani/6.htm  . @ulil

Selasa, 29 Januari 2013

cinta ( part 2 )

cinta ( part 2 )

Apakah sebuah cinta membutuhkan pelampiasan ? mengapa cinta itu hanya terartikan sebagai perasaan suka sama suka antara sepasang insan ? mengapa pikiranku terus menerus dilingkupi oleh cinta, cinta, dan cinta ? seakan dunia ini hanya hidup karena dan untuk cinta semata…
Dalam dua minggu ini, aku mandapat banyak pelajaran berharga mengenai cinta, layaknya sebuah, makanan, aku harus berusaha mencerna pelajaran itu sebaik mungkin, sehingga hakikat yang terkandung didalamnya dapat tertangkap secara tepat.
Suatu hari aku bertemu dengan seorang teman, dia bercerita tentang hubungannya dengan pacarnya, mulanya aku memberikan respon yang baik, saat dia mengeluh aku pun mencoba memberikan masukan sebaik mungkin, begitu pula saat ia berbahagia aku pun mengatakan turut berbahagia. Waktu terus berlalu, beberapa bulan sudah terlewati, temanku ini masih terus menerus bercerita mengenai hubungannya, sehingga aku pun merasa jenuh untuk mendengarkannya. Namun justru kejenuhan itu menggiringku untuk melakukan perenungan yang cukup panjang, hingga sampai pada suatu kesimpulan.
Singkatnya, ia menceritakan bahwa level hubungannya sudah dalam fase yang menurutku “mengkhawatirkan”, karena ia sudah berani melakukan yang diluar batas kewajaran dalam berhubungan dengan pacarnya, sebagai seorang remaja tentunya. Ia juga menceritakan bahwa akibat hubungannya itu mengakibatkan hubungan dengan orang tuanya semakin renggang, akibat dari orang tuanya yang melarang berpacaran. Namun ia menceritakan semuanya itu tanpa ada sedikit pun rasa bersalah.
Satu pertanyaan yang timbul di benakku, mengapa cinta itu menjadi jalan kehancuran ? mulanya ia adalah anak yang baik, setelah mengenal “cinta” ia pun menjadi anak yang “tidak” baik. Mulanya ia adalah anak yang religius, cukup rajin dalam beribadah, dan merupakan seorang santri di daerahnya, begitu juga hubungan dengan orang tuanya, mulanya sangat baik, bahkan sangat harmonis, namun, sekali lagi akibat “cinta”-nya, kini ia bukan lagi seorang santri, begitu pula dengan hubungan dengan orang tuanya yang semakin merenggang. Apakah cinta itu begitu jahat ?
Cinta itu adalah anugerah, bukan kutukan, ini satu kalimat yang sering kali aku tulis di berbagai catatan. Ya, memang seperti itu adanya, jelas ilustrasi di atas bukan arti dari “cinta” yang benar, seharusnya cinta yang benar itu mengarahkan kita menjadi pribadi yang baik, kenapa ? karena cinta itu berasal dari Yang Maha Baik.
Sulit memang untuk mampu mengerti dan memahami hakikat dari cinta, kalau emikiran kita hanya masih terpaku dan dibatasi bahwa arti cinta itu hanya sebatas perasaan suka yang dibuktikan dengan rasa sayang, rindu, dan lainnya. Andaikan cinta itu hanya sebatas perasaan suka yang di apresiasikan hanya dengan sikap nafsu semata, maka sudah barang tentu, cinta itu haram. Namun, kata cinta ini sendiri digunakan oleh Allah dalam Al qur’an, yang berarti cinta itu halal adanya, yaitu cinta yang memiliki pengertian yang lebih luas dari pengertian yang disebutkan diatas.
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( Ali-Imran : 31 )
Kesadaran inilah yang amat berat, melihat semua kenyataan itu, apakah ilustrasi diatas dapat dikatakan cinta ? ya, itu adalah cinta, namun bila dipersentasekan, cinta yang terkandung didalamnya hanya 10% saja, sisanya tidak lebih dari nafsu semata. Pertanyaannya, seberapa banyak cinta yang sperti ini terdapat di masyarakat ? banyak.

Cinta itu tidak buta
Seharusnya cinta itu tidak buta dan tidak menyebabkan kebutaan, namun realitas yang terjadi kita sendiri yang membutakan cinta dan membiarkan mata kita dibutakan oleh cinta. Hal inilah yang mendasari kenapa orang menganggap semua yang disukainya adalah baik, semua yang cantik adalah baik, semua yang tampan adalah baik, itu terjadi karena dia membutakan cintanya sendiri, setelah itu ia pun menganggap semua hal yang berkaitan dengan cintanya itu adalah hal yang baik pula, hingga pada akhirnya ia menjadi buta dengan berpedoman pada cinta yang juga buta, menyedihkan.
Seharusnya, cinta itu tidak buta, ia memiliki pandangan yang luas dan mendamaikan, ia akan mampu memberikan pengaruh positif kepada siapapun yang ada disekitarnya, itulah misi Islam, menyebarkan ajarannya dengan cinta dan kasih sayang, karena Islam adalah Rahmatan Lil’alamin. Inilah alasan kenapa para shahabat terdahulu melaksanakan segala perintah Rasulullah, baik dalam keadaan suka ataupun duka, menerima dengan ikhlas berbagai siksaan dan ancaman yang datang dari kaum kafir Quraisy, saling bertoleransi kepada penduduk yahudi madinah tatkala mereka berhijrah, dan senantiasa mengikuti berbagai peperangan dengan Rasulullah, mengorbankan jiwa dan raga demi tegaknya agama Islam, tidak lain ini karena mereka telah merasakan rasa cinta yang abadi dan sejati, yaitu cinta kepada Allah dan Rasulullah.
Layaknya sebuah pisau bermata dua, ketika kita lalai menggunakannya ia dapat membunuh kita dengan tajamnya, begitu juga sebaliknya, ketika kita terlalu asyik bermain, mungkin bisa membunuh teman kita juga. Oleh karena itu, berhati – hatilah dalam melangkah, terutama yang berkaitan dengan cinta, alih – alih saling menyayangi, malah saling menyakiti…be care your self…with love…
Wallahu ‘alam
Perhatian ibuku

Perhatian ibuku


Bagiku ini mungkin cerita yang agak mengharukan ( siap2 tisu..!! ). Ceritanya aku yang sangat ngedrop baik fisik maupun mental akibat sakit yang diderita.. hmmm saat itu baru terpikir, kemana ya teman-temanku..?? teman yang dulu sewaktu sekolah dan di luar begitu sangat kupentingkan, sangat kubanggakan, selalu ceria bersama, tapi sekarang.. kok nggak ada ya..

Kesepian.. jiaaaahhh.. pada saat seperti itu, dimana mental sedang ambruk-ambruknya. Tiba-tiba pada suatu sore datang segerombolan ibu-ibu menyerang rumahku.. hmm maksudnya berkunjung.. mereka berniat mau menjengukku.. nah lho..! saat itu aku memang agak kaget, kok..?? mereka perhatian ya..?? sembari ngobrol khas ibu-ibu, kadangkala mereka menyelipkan harapan-harapan, doa, dan cerita kenangan mereka bersama ibuku. Tentu saja dimana keadaanku saat itu sangat menarik untuk memperhatikan cerita mereka.

Mereka adalah ibu yang bersahaja, tampilannya sederhana, sebagian dengan sarung sebagian lagi dengan baju kurung khas ibu-ibu pengajian madrasah, tapi tidak mengurangi keanggunan, kesahajaan, dan kewibawaan mereka, meski umur mereka mungkin sudah hampir 50 tahunan. Mereka jauh dari sifat centil dan genit, malah mereka adalah tokoh masyarakat yang berwibawa dan disegani masyarakat. Tak sungkan mereka duduk di lantai, atau hanya berdiri saja dekat pintu mengingat kamarku yang agak sempit, sedang aku sendiri sedang terbaring lemah.. ( eh kok jadi serius ya..?? hehe..)

Mereka mengingatkan perjuangan alm. Ibuku saat membangun madrasah, membina pengajian, bahkan sampai mengobok-obok politik tingkat desa.. ( he.. kejam ya.. ), mereka asyik bernostalgia dengan ceritanya. Sampai mereka memberiku harapan untuk meneruskan perjuangan itu.. hmmm..

Aku tahu, mereka, ibu-ibu pengajian, tak serta merta datang menjenguk, memberi perhatian, mendoakan, dan menaruh harapan padaku yang hanya seorang remaja yang tengah sakit. Tapi mereka adalah warisan besar yang yang ditinggalkan alm.ibuku, mereka siap menggantikan kehadiran sosok seorang dalam kehidupanku dan siap mendukungku untuk melanjutkan perjuangannya. Umurnya mungkin senja tapi semangatnya, luar biasa.

Mungkin lebay juga ya perasaanku saat itu, atau saat menulis ini. Tidak tahu kenapa perasaan itu begitu besar, aku sangat menghargai kesediaan mereka untuk memperhatikanku walau sesederhana itu. Mungkin ini akibat kerinduan pada sosok seorang ibu yang menua bersamaku, membimbing, dan mendewasakanku hmm..

Pertemuan itu berakhir dengan sebuah doa sederhana yang terucap dari mereka, “enggal damang we lah.. masih panjang pan lalakonna..”  hehehe ada-ada saja..

Bagiku, mungkin ibu kandungku sudah tiada, tapi masih banyak ibuku ada disini.. J

Wallahu ‘alam
sakit

sakit


Assalamu’alaikum..

Gak terasa nih udah lama juga ya gak update blog, oke deh sahabat, sekarang ada banyak cerita yang ingin aku bagi nih. Seru.?? Nggak juga.. Cuma bagiku adalah pengalaman berharga..

Hampir 2 bulan semenjak sakit yang aku rasakan, urutannya begini, sebenarnya bulan desember kondisiku sudah mulai ngedrop, setiap minggu pasti mesti demam, menjelang pergantian tahun aku berlibur ke 
Surabaya, ceritanya ya memaksakan dengan kondisi badan agak begitu. Sepulang dari sana, 2 minggu kemudian kena tipes, menderita selama 3 minggu, kemudian sembuh setelah berobat ke salah satu klinik terkemuka di cianjur. Tapi, ternyata cerita malah semakin panjang, dokter mengdiagnosa tipes, anemia, dan maag..!! walah..niat mau berobat eh malah semakin menderita. Yah akhirnya mesti berkata “sabaaaaaarrrr…”
minggu selanjutnya sesuai saran dokter, aku kembali control, dan Alhamdulillah tipesnya sudah sembuh total. 

Tapi, lagi-lagi dokter membuatku kagum ( atau kaget sangat pisan.. ) dengan diagnosanya, radang usus, maag, dan satu penyakit yang paling tidak enak didengar.. paru-paru..!!
selanjutnya dokter menjabarkan pengobatanku yang memakan waktu 8 bulan. Masih dengan rasa tidak percaya, bagaimana bisa kena paru-paru, batuk tidak ada, dahak pun tidak ada, nafas normal, dan tidak ada yang dirasa, saat bertanya sama dokternya dengan enteng menjawab, “ tuh buktinya kurus…” adduuh.. kurang dok buktinya, dokternya ngomong lagi,”tuh paru-parunya..” (sambil menunjuk foto rontgen) adduuuuuhhh.. mana aku ngerti itu foto…!!

Sekarang sudah menginjak bulan kedua proses pengobatan paru-paruku, dokter pun masih berkata dengan singkat,”udah baikan, 7 bulan lagi ya..” ckckck..
Itu sepenggal cerita saat aku sakit, gak penting juga ya..?? hehe.. tapi yang ingin aku ceritakan sebenarnya, adalah apa yang terjadi selama itu.

Sempat putus asa dengan kondisiku seperti itu, terang saja, kerjaannya hanya tidur, makan, minum obat, terus tidur lagi, mental sempat ngedrop, minder, dan sedih, karena yaaa.. perubahan hidupku berubah drastis, dari seorang yang punya seabreg kegiatan, tiba-tiba mesti diam dan menyusahkan banyak orang. 
Melamun dan marah menjadi rutinitas yang tidak bisa kukendalikan.

Tapi perubahan terjadi, suatu hari datang segerombolan ibu-ibu ( gak enak juga ya nulis segerombolan ), mereka datang menjenguk, dengan berbagai kebiasaan ibu-ibu yang berkata penuh simpati dan empati, perhatian khas seorang ibu kepada putranya, satu kata.. luar biasa.

Senin, 28 Januari 2013

I Love When You Lie ..???

I Love When You Lie ..???


Now playing : Rihanna ft Eminem – I love when you lie

Ya, sebagian besar dari kita memang seperti ini, tidak terasa ya..?? baik, terlepas dari arti lirik sesungguhnya, dan maksudnya seperti apa, tapi fenomena seperti ini memang kadang kita anggap biasa saja.

Selalu ada dalih “bohong demi kebaikan” ini maksudnya apa..?? bohong ya tetep bohong, ya tetap dosa.. bukan berarti dikarenakan kita bohong yang berubah kebaikan lantas menjadi alasan dihapusnya kesalahan, atau dosa atas berbohong itu. “bohong demi kebaikan” sebenarnya lahir disaat situasi fakta lebih menyakitkan dari pada berbohong itu sendiri. Padahal, meski pahit dan menyakitkan kebenaran tidak akan berkurang atas fakta itu.

Ilustrasi ekstrimnya seperti ini, Ada sebuah cerita saat seorang Muslim tertangkap raja Dzalim, ia dipaksa mengakui ke Islamannya, jika berbohong ia selamat, jika mengaku Muslim ia akan dibunuh, saya yakin siapapun yang mengaku dirinya Muslim ia akan jujur mengaku Muslim, meski nyawa taruhannya, namun imbalannya pun jelas, Syahid, dengan Syurga tanpa hisab.

Nah, jika paragraph diatas menceritakan subjek yang tengah berbohong, bagaimana dengan objek yang dibohongi..?? sebagian memang ada yang marah disaat tahu dirinya dibohongi, ya, itu tadi sepahit apapun sebuah fakta, tetap ia adalah kebenaran. Namun, jika diperhatikan dari judul lagu diatas, terlihat ternyata sebagian lagi ada yang tenang saja, bahkan lebih suka jika dibohongi. Kok bisa ya..??

Bayangkan saja, jika seseorang korupsi, nah ternyata korupsinya itu diketahui oleh beberapa anak buahnya, maka si koruptor ini tentunya akan lebih suka jika anak buahnya ini berkata bohong, meski harus di bayar berapa pun. Atau, seorang gadis remaja, yang pacaran sama laki-laki, bagi dia lebih baik dengar kata-kata gombal dan bohong dari lelaki itu, dari pada harus dengar fakta bahwa PACARAN ITU HARAM, dan harus putus seketika.

Sudah paham..?? ternyata, jika kita suka saat orang lain berbohong, itu sama saja dengan kita membohongi dan menutupi kebenaran yang sesungguhnya. Apa yang ingin saya sampaikan adalah, tugas menyampaikan fakta kebenaran itu ada di tangan kita semua. Mungkin, ada beberapa orang yang sengaja berbohong atas berbagai hal, jika kita tahu yang fakta yang sebenarnya, segera luruskan, kapan saja dimana saja, meski pahit, kebenaran tetap kebenaran.

Jumat, 25 Januari 2013

Belajar Dari Film

film jenis apa yang kamu suka..?? superhero..?? drama..?? aksi..?? komedi..?? atau horor..??. Kebanyakan dari kita yang pernah menonton film, pasti hafal dengan karakter tokoh utama film tersebut, ada yang kagum, benci, suka, marah, aneh, dan berbagai penilaian lain. bahkan ada karakter tokoh utama, yang sampai menjadi inspirasi bahkan obsesi.. hmm.. hebat ya yang jadi tokoh utama itu..?? padahal kan cuma film... hehe

ini yang saya maksud belajar dari film.. bagaimana seorang sutradara bisa mengemas sebuah film, menempatkan sebuah karakter tokoh utama dengan tepat, sampai bisa meng inspirasi jutaan orang, dan di idolakan jutaan lainnya. bagaimana jika kita adalah sutradara sekaligus tokoh utama dalam sebuah film, apa yang akan kamu lakukan..??


ya, sejatinya kita adalah tokoh utama dalam kehidupan kita sendiri. Kita menjalani hidup dengan kesadaran bebas, pilihan bebas, yang disertai tanggung jawab. Seharusnya kita menggunakan kesempatan yang luar biasa ini di gunakan se maksimal mungkin, pilihan kita menjadi tokoh protagonis atau antagonis, menginspirasi atau mengecewakan, dengan alur cerita yang bisa kita susun sendiri.

jika dalam sebuah film, sering kali kita disuguhkan dengan alur yang luar biasa ajaib, ada yang tengah terpuruk tiba-tiba jadi kaya, ada yang tengah lemah tiba-tiba jadi superhero kuat, ada pula yang tengah menderita tiba-tiba berakhir bahagia. dengan segala hormat, ternyata itu memang nyata dala kehidupan nyata..!! tidak peduli posisi kita saat ini, saat kita menyadari dan belajar dari alur film, seharusnya kita sadar, kita bisa bangkit berubah 180 derajat dari asal. Jika sebuah film bisa melakukan itu dikarenakan imajinasi sutradara nya, maka seharusnya kita harus lebih bisa, karena bagi Allah tidak ada yang tidak MUNGKIN.

jadi, jika kamu sutradara sekaligus tokoh utama dalam sebuah film, cerita apa yang akan kamu pilih, orang kaya yang sukses..?? superhero yang super kuat..?? pemimpin yang hebat..?? atau cerita drama yang menyentuh hati..?? ayo segera wujudkan cerita mu..!! jangan lupa buat proposal cerita buat di ajukan ke Sang Maha Sutradara kehidupan.. Allah..

Wallahu a'lam