khutbah jumat 5 Rabiul tsani 1434 H part 2


3 karakter sifat yang kita tunggu didalam sosok seorang umat, adalah karakter yang menyerupai Rasulullah. Karakter-karakter yang kuat, tangguh, tegas, namun bijak, kita bukan mengharapkan sosok sempurna, kita hanya mengharapkan dan menunggu janji Rasulullah atas kedatangan seorang karakter pemimpin di akhir zaman.
3 karakter sebagai bentuk menampakan dari uswah Rasulullah.

1.      Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab :21)

Jika kita mengakui bahwa Rasulullah adalah sosok yang paling sempurna, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak meneladani akhlaknya. Uswah adalah sebuah keharusan umat untuk menjaga kemurnian ajaran Islam. Uswah adalah alternatife terbaik untuk memperoleh derajat mulia disisi Allah.

Karena dimasa ini, tidak ada satu pun sosok pemimpin yang bisa dibandingkan dengan keteladanan yang digambarkan Rasulullah. Tetapi kita optimis, hal ini bukan pertanda kematian ummat, kita tetap optimis, bisyarah Rasulullah akan segera tiba. Karena kita adalah umat terbaik.

2.      Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka, kamu lihat mereka rukuk dan sujud mencari karunia Allah dan keridaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al-Fath : 29)

Karakter berikutnya adalah ketegasan, yang melahirkan sebuah kekuatan dahsyat didalam tubuh umat. Kekuatan yang sebenarnya telah diketahui didalam taurat maupun injil, kekuatan yang mampu mengeluarkan umat dari ketertindasan, kebodohan, dan keterpurukan.

23 tahun, Rasulullah sendiri telah membuktikannya. Hanya dalam 23 tahun, Arab berhasil beliau islamkan. Hanya dalam 23 tahun, syariat mampu tegak. Ketegasan menjadi salah satu kunci keberhasiln dakwah kala itu.

3.      Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.

Kecintaan Rasulullah terhadap umatnya tidak bisa dipungkiri. Ummati, ummati, ummati adalah bukti cinta beliau disaat ajal menjemput. Kecintaan inilah yang berhasil mengerahkan segenap perjuangan untuk menyelamatkan umat dari kejahiliahan, kecintaan inilah yang berhasil menyeimbangkan tatanan kehidupan dalam hukum keadilan syariat.

lanjut ke part 3
5 white_soul: khutbah jumat 5 Rabiul tsani 1434 H part 2 3 karakter sifat yang kita tunggu didalam sosok seorang umat, adalah karakter yang menyerupai Rasu...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

< >

Fish