Jumat, 04 November 2022

5 Film yang membuat Trauma

Sebagian orang menonton film adalah salah satu hiburan yang efektif. Harapannya setelah selesai menonton film kita siap untuk beraktifitas kembali di kehidupan nyata. Ya, menonton film seperti sejenak melupakan hidup, membayangkan kehidupan yang lain yang penuh aksi, komedi atau bahkan tragedi.

Tapi bagaimana dengan film-film berikut ini ? Saya tidak menemukan hal itu, yang ada saya trauma dan berfikir ulang kalau-kalau saya harus menonton kembali film ini. 

Oke berikut ini adalah film-film yang membuat saya trauma dan tampaknya 'nggak deh' buat nonton ulang,

1. Midsommar


Liburan di perbukitan, hamparan rumput hijau, komunitas yang ramah yang tampak bahagia, rasanya adalah tempat yang cocok untuk melupakan sejenak kehidupan dan kesibukan hiruk pikuk perkotaan. Sayangnya, premis yang begitu indah dan membahagiakan ini tidak bertahan lama, menjelang babak selanjutnya dari film ini mulai membuat hati tidak nyaman. 

Menyaksikan adegan orang yang bunuh diri (yang tidak langsung mati) adalah adegan yang cukup membuat saya, "OK, Stop.. that's sick..". Belum lagi adegan lain yang..... (not responding)

Pernah gak kalian lihat tempat ayam bertelur dari mayat manusia ?

2. SAW 3


Oke, ini adalah film yang pada saat itu, saya sanggup menyelesaikannya sampai selesai. Nonton di tv lokal, sensor, tengah malam, setengah kantuk plus iklan menyelamatkan saya dari kengerian visual yang ada. Meskipun setelah selesai nonton saya malah merasakan mimpi buruk selama beberapa hari dengan membayangkan "kalau si jigsaw ini beneran ada....."

Yang membuat pikiran saya terganggu sebenarnya bukan metode pembunuhan atau penyiksaannya, tapi lebih ke latar belakang jigsaw memilih korban yang "panteesss.."

Tapi, pas lihat ke cermin... bukankah kita juga memiliki kesamaan dengan para korban yang di pilih jigsaw ? (langsung nengok ke belakang)

Review : SAW 3

3. Hellraiser


Saya tidak pernah melihat seri hellraiser baik itu yang ori maupun film-film lanjutannya. Saya hanya baca-baca dan tertarik dengan ide bahwa neraka, bagi sebagian orang adalah tempat yang 'menyenangkan'. 

Baru kemudian saya menyaksikan seri hellraiser terbaru yang di distribusikan oleh Hulu, dan.....

Sekali lagi buka visual gore-nya yang membuat saya mual dan bergidik, akan tetapi lebih ke alur cerita yang membuat saya pusing. 

Disini diceritakan kalau hampir semua orang saling menipu dan saling menjebak untuk kepentingannya masing-masing. Resikonya adalah nyawa dan siksaan yang tidak pernah mati dan selesai, ya kita anggaplah neraka. Sakitnya, tidak ada ruang untuk emosi merasakan sedih disini, saya di paksa untuk melihat setiap orang di culik dan di siksa oleh cenobite tanpa ada ruang untuk bersimpati.

Belum lagi masalah logika dan keimanan yang sudahlah... saya kapok melihat rantai raksasa yang turun dari langit.

4. Pet


Film ini sebenarnya menarik, jujur saya suka dengan penceritaan sepanjang film ini yang membuat saya bertahan untuk menyaksikan adegan demi adegan. Namun semua itu berakhir dengan twist di penghujung film yang membuat saya shock berat.

Oke.. inilah jadinya kalau kita terlalu bersimpati pada salah satu tokoh dari film. Saya hanya berharap semoga penulis naskah ini melanjutkan tulisannya hingga si tokoh hidup bahagia. Iya. Itu aja.

5. Jurassic World : The Fallen Kingdom


Saya adalah fans berat dari seri film jurassic Park, meskipun banyak yang mengkritiknya, tapi Jurassic Park ke - 3 adalah sebuah cerita yang paling favorit bagi saya. Begitupun dengan jurassic World pertama yang hingga saat ini saya sering memutar musik jurassic park theme guitar-nya yang ikonik.

Tapi di seri ke-dua, The Fallen Kingdom, melihat para dinosaurus dipaksa mati akibat bencana. Please, that so make me very hurts...

Wahai anda, siapapun yang menulis naskah, sutradara atau yang mengungkapkan ide agar para dinosaurus ini mati akibat bencana... dan khususnya anda yang meletakan adegan para dinosaurus tenggelam, dan brachiosaurus tertutup asap... anda.... andaaaaaaa...... 


Honorable Mention :

Hereditary : Sepanjang film nggak fokus gara-gara kepala bocah kena tiang

Salo or The 120 Days of Sodom : Weks.. weks.. weks... 

The Mist : B aja

Vanilla Sky : ............................................. 


[Bonus]

6. Seri Godzilla terbaru


Hah ??? gimana ?? 

Ya maaf... kalau emang gitu, tapi ya gimana ya... ada kadal raksasa, bisa tarung, bisa nyembur laser biru, dan mengalahkan monster-monster raksasa. Iya maaf... maaf... bagi fans khususnya dari Jepang yang godzilla ini menjadi bagian dari sejarah perfilman disana sekali lagi.. maaf

Tapi gimana ya... apakah karena ada GOD-nya kemudian kadal ini jadi penyelamat manusia ? tapi kerusakannya...

Tapi saya fans Godzilla sih... Iya Godzilla 1999..

Artikel Terkait

5 Film yang membuat Trauma
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email