Kamis, 13 Desember 2012

sejadah


ada yang tahu benda ini..?? ini lho yang suka dibikin selepetan sama anak-anak habis taraweh.. haha (kenangan masa kecil..)

hampir semua orang pasti punya sejadah, yakin deh, kalau nggak, ya gak apa-apa juga. nah sekarang apa yang mau di bahas terkait benda ini..?? hmmm.. fungsinya itu, sebelum lebih jauh coba deh kamu pergi ke mesjid terdekat, dan liat orang yang berjamaah disana.. perhatikan orang yang memakai sejadah sama yang tidak, apa beda nya..?? ( ngomong2 kamunya sendiri ikut sholat berjamaah nggak ya..??? )

fungsi sejadah itu sebagai alas sholat, betul gak..?? (selain selepetan itu tadi..) tapi coba kita renungi lebih jauh soal sejadah ini, melalui ilustrasi berikut ya,

seorang pria bernama hadad ( jiaaahh narsis... bodo ah.. ) berangkat ke mesjid buat sholat jumat, dengan gagah dan tampan dia menenteng sejadah khasnya yang berumur sudah ribuan tahun itu. memasuki mesjid ia mulai menggelar sejadahnya itu di tempat yang amat strategis, yaitu di depan tiang ( ya ketahuan modusnya kalo2 ngantuk ya tinggal nyender.. dan nyenyak.. ). kalau di perhatikan, sebenarnya mesjid itu sudah memakai karpet hampir di seluruh permukaan lantainya, dan tentu nya pasti sudah bersih, lalu kenapa harus pakai sejadah lagi segala..?? (jawab ya...)

belum banyak jamaah yang datang saat hadad tiba di mesjid, namun tidak lama jamaah pun berangsur memenuhi mesjid. tiba seorang pria menghampiri hadad (ada apa ya..??? jangan-jangan dia mencari sendalnya..??? padahal kan cuma pinjem, terus disimpen di rumah kok.. nggak hilang... *keringat dingin bercucuran..) < bagian lebay yang jangan diperhatikan pria itu menggelar sejadah tepat disamping hadad, sejadahnya cukup besar, permukaannya halus, dan labelnya sempat mengintip dan ternyata MADE IN PERANCIS..!!! (emang di perancis ada tukang sejadah ya..?? tahu ah..) dengan pedenya ia menggelar dan sedikit menindih sejadah milik hadad yang berumur ribuan tahun itu. hadad bergumam dalam hati, sombong amat, baru sejadah sebagus ini berani maen tindih aja.. perlahan hadad menggeser sejadahnya dan membalikan keadaan, kini sejadah pria itu yang ditindih.. pria itu mendelik meliat sejadah kebesarannya di tindih sejadah usang berumur ribuan tahun itu, hadad tidak memperdulikannya.

tiba-tiba di sudut biru muncul sesosok pria lagi, kini ia tidak membawa sejadah, dengan sigap ia langsung sholat sunat di samping hadad, namun yang membuat kaget adalah ia sholat dengan menginjak sejadah milik hadad, lagi-lagi hati hadad bergumam wah gak sopan nih, maen injek aja.. hadad kembali menggeser sejadahnya, hingga tidak terinjak oleh orang yang tengah sholat itu. tapi apa yang terjadi saat ia menoleh ke samping yang lainnya..?? sejadahnya sudah tertindih lagi sama sejadah made ini perancis tadi.. kapan mindahin nya ya..?? 

akhirnya tiba sholat jumat, imam telah selesai khutbah, dan menuju tempat imam berada, dengan lantang ia berkata "rapatkan barisan.. penuhi bagian shaf yang kosong di depan.." saat itu tepat di depan hadad ada bagian shaf yang masih kosong, namun karena hadad merasa keberatan pindah, akhirnya orang yang tidak memakai sejadah maju kedepan, setelah di perhatikan, ternyata hadad keberatan pindah sebab malas angkat sejadah dan menggelarnya kembali.

"rapatkan barisan.."* imam kembali mengingatkan jamaah. hadad diam saja tidak bergerak, padahal jaraknya amat renggang dengan pria sejadah made ini perancis itu. hadad pikir, ngapain geser.. kan di sejadah sudah ada batasannya.. privasi dong, masa harus nginjek sejadah orang lain sholat jumat pun dilaksanakan. selesai.

bagaimana..?? udah dapet kesimpulan..??? cuma gara-gara sejadah, khusyuk beribadah pun berkurang, shalat berjamaah kurang maksimal, dengki, ujub, suudzon, dan yang paling parah, memecah persatuan umat. hati-hati dengan sejadah ya.. :)**

***
* rapatkan barisan dalam shalat berjamaah adalah bertemunya tumit dan bahu kita dengan tumit dan bahu yang ada di samping, yang berarti sangat rapat.
** di sebagian tempat, ada yang memakai alternatif menggunakan serban sebagai alas sujud saat sholat, ini lebih baik dari sejadah karena tidak menyebabkan renggangnya dalam sholat berjamaah.

Wallahu a'lam

Artikel Terkait

sejadah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email