Minggu, 08 November 2009

Hakikat Cinta Sejati


Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( Q.S Ali Imran : 31 )

Saya pernah menyaksikan suatu acara ditelevisi, yang isinya tentang perjodohan, lalu ketika kontestan acara itu ditanyai tentang arti cinta, semuanya serempak menjawab,” cinta adalah pengorbanan…” benarkah itu..??

Mungkin pernyataan itu lahir akibat pemahaman pendek mereka tentang cinta, mereka batasi pengertian cinta itu hanya sebatas cinta terhadap pasangan atau anaknya sendiri, tanpa pernah memikirkan orang lain, bahkan semesta ini.

Pernah memperhatikan seekora singa yang menyusui anaknya ? atau seekor buaya yang memangku anaknya ? atau ikan yang bertelur ditengah ganasnya samudera ? itulah cinta…ketika buaya yang dikenal ganas..memangku anaknya dalam mulut dengan penuh kelembutan.

Kita sering kali kabur untuk memaknai cinta, takut bahkan menutup mata untuk memahami cinta. Cinta memang memiliki suatu pengorbanan, akan tetapi tidak mutlak pengorbanan seutuhnya, sekali lagi makna cinta itu sendiri sangat begitu kompleks dan rumit untuk kita pahami. Yang jelas cinta itu suci, menentramkan hati dan menyelamatkan, dan itu lahir dari sebuah cinta sejati.

Cinta sejati lahir dari keimanan kita kepada Sang pencipta, cinta ini lebih dari sekedar rasa, akan tetapi ada suatu dorongan yang yang kuat untuk senantiasa dekat denganNya. Setelah itu, kita akan banyak sekali rasa cinta, kepada pasangan, anak, keluarga, saudara, sahabat, dan yang lainnya, dan semua itu hanya berlandaskan cinta kepada Allah.

Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu 'cinta' kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan. mereka Itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus, ( QS Al-hujurat : 7 )

Cinta inilah yang suci, menentramkan hati, dan pasti akan menyelamatkan. Karena disini terdapat jaminan perlindungan dari godaan syetan dan hawa nafsu manusia.

Ya Rabb, jadikanlah kami termasuk orang – orang yang mencintaiMu, dan himpunlah kami kedalam golongan orang – orang yang mencintaiMu…

Wallahu ‘alam

Artikel Terkait

Hakikat Cinta Sejati
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email