Sabtu, 09 Februari 2013

antara Wahabi, PKS, dan Ikhwanul Muslimin

tadinya gak mau ngebahas masalah beginian.. tapi setelah mendapat sebuah kabar seperti ini...( gambar disamping) hmm jadi miris. betapa perbedaan sering kali kita permasalahkan, wajar jika yang diangkat itu adalah perbedaan aqidah yang tidak bisa di sepelekan, tapi jika perbedaan itu hanya akibat ketidak tahuan dan kesalah pahaman..?? bukankah itu menjadi fitnah yang merusak..??

Sebelum lebih jauh mari kita mengenal wahabi. gerakan ini lahir di Arab Saudi melalui pencetusnya Muhammad bin Abdul Wahhab (selengkapnya silahkan cek di sini.. ) . Gerakan ini memang terkenal radikal, karena mereka memiliki misi dalam memurnikan Aqidah islam (menurut versi mereka), perang sampai pembantaian tidak terpisahkan dari perkembangan gerakan ini. akhirnya memang sebagaian besar umat Islam yang berhaluan sunni, memvonis "sesat" gerakan wahabi ini.

nah, bagaimana dengan PKS..?? menurut DR. Yusuf Qardhawi, PK (yang sekarang berganti nama menjadi PKS) adalah perpanjangan tangan dari ikhwanul muslimin dari Mesir. maka sepatutnya jika kita ingin memahami pergerakan PKS dengan memahami gerakan Ikhwanul Muslimin terlebih dahulu.

Ikhwanul Muslimin lahir di Mesir, atas prakarsa dari Hasan Al-banna. Meski pergerakan ikhwanul Muslimin lebih terkonsentrasi di ranah politik, konservatif, namun gerakan ini pun di propaganda "radikal", oleh siapa..?? oleh yang memusuhi ikhwanul Muslimin itu sendiri, yaitu Israel, Amerika, dan pemerintah mesir yang notabene diktator. maka catatan sejarah Ikhwanul Muslimin ini pun sempat mengalami masa kelam, dimana mereka dicap teroris, sehingga sebagian besar anggotanya ditangkap, dipenjara, bahkan dihukum mati. Ikhwanul Muslimin adalah gerakan Islam moderat yang cukup mencakup luasnya ajaran Islam. saat ini hampir 2/3 timur tengah sudah berafiliasi dengan ikhwanul muslimin.

nah, sekarang kita banding antara ikhwanul muslimin dengan wahabi. sebenarnya dua gerakan ini sangat jauh berbeda, dan sangat bertolak belakang. wahabi dengan keyakinan memurnikan aqidahnya, justru bertindak ekstrim, radikal, dan sangat menjauhi politik, mereka tidak segan-segan memerangi segala hal yang berbau bid'ah (setidaknya bid'ah menurut mereka). sedangkan ikhwanul Muslimin, mereka lebih konservatif, (terlepas dari propaganda yahudi yang mengatakan mereka radikal), berjuang dengan sarana politik, meski beberapa waktu pernah pula mengirim langsung pasukan seperti ke Palestina contohnya.

kesimpulannya, PKS adalah afiliasi dari gerakan Ikhwanul Muslimin, dan keduanya sama sekali tidak memiliki hubungan dengan wahabi.

Wallahu a'lam

Sumber :
http://semagung.blogspot.com/2011/02/ikhwanul-muslimin-wahabi-pks.html
http://kabarislam.wordpress.com/2012/12/21/sejarah-wahabi-dan-muhammad-bin-abdul-wahhab/
http://al-ikhwan.net/

Artikel Terkait

antara Wahabi, PKS, dan Ikhwanul Muslimin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email