Kamis, 13 Desember 2012

khutbah jumat 14 september 2012 part 3 - mau kemana kita..??


setelah kita paham, arti cinta Allah, mengenali posisi kita ada dimana pertanyaan yang tidak kalah penting selanjutnya mau kemana..??

inilah sebuah visi, sebuah target, sebuah visualisasi apa sebenarnya yang kita tuju dalam kehidupan. jika kita kembali mereview 2 catatan penulis sebelumnya, maka jawaban kita adalah Cinta Allah. itulah target kita, arah kita.

pertanyaannya sudah betul kah alurnya..??

ringan saja, coba kita hisab diri sendiri (intropeksi), khatib mengingatkan dengan cara yang amat sederhana,
"lihat saja status facebooknya, foto profilnya, komentar-komentarnya, wallpapernya, semua itu akan mengarah kepada jawaban.. mau kemana kita..??"

memang benar, facebook, di antara segala kekurangan dan kontroversinya, ia seperti sebuah simulasi catatan malaikat dalam hidup kita ( agak lebay sih, tapi gak apa-apa..) bayangkan, setiap yang kita katakan (status, upload foto, komentar ) sejatinya adalah gambaran siapa diri kita sebenarnya.

agustus kemarin, penulis sempat mendownload semua aktivitas facebook semenjak buat akun (2009) sampai hari ini. hasilnya..?? Ya Allah.. maluuuuu bener.. baca-baca lagi status lebay, komentar galau, foto-foto narsis, sampai pesan-pesan pribadi...!!( padahal dibaca sendiri.. tapi malunya bener-bener..) Ya Rabb.. kebayang gak nanti di Yaumil Akhir, bukan hanya databese facebook saja, tapi semua ( sekali lagi.. SEMUA..) tingkah, ucapan, bahkan getaran hati akan di pampangkan dan diperlihatkan..

dengan cara yang sederhana itu, seharusnya kita menjadi lebih bertanggung jawab atas semua tindakan, ucapan, dan perasaan kita. maksimalnya, dengan cara yang sederhana itu menjadi sebuah pengingat akan arah tujuan hidup kita.

kesimpulannya, catatan ini hanya sebagai pengingat saja, apakah sikap kita sudah tepat dengan visi kehidupan kita, jika belum segera perbaiki ya.. sebelum menyesal..

***

tambahan, tips penulis dalam ber-facebook.. (kali aja ada yang nanya.. :D)
1. update status yang penting saja, berisi dakwah, pengingat nikmat, atau pengingat komitmen
2. tinggalkan komentar yang baik, jangan provokasi, jangan menghina, bila tidak suka jangan dibaca ( emang ada tombol tidak suka (i dont like gituh..???))
3. jangan upload foto mengumbar aurat, entar kalau kita mati, terus foto itu belum sempat di hapus..??? naudzubillah, dosanya ngalir terusss..
4. jadilah orang yang sok alim, sok suci, biar disebut munafik juga.. (yg penting nggak kan..??)

suatu hari saya update status anti pacaran.. ( gini-gini juga saya tuh aktivis anti pacaran..!!) sahabat saya pernah bertanya, kok statusnya gitu mulu, anti pacaran terus..?? jawab saya, "biar, meskipun kenyataannya masih jauh, dan masih pengen pacaran.. toh jadinya kan malu, masa status nya anti pacaran, kok pacaran.."

Artikel Terkait

khutbah jumat 14 september 2012 part 3 - mau kemana kita..??
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email