Jumat, 15 Februari 2013

khutbah jumat 5 rabiul tsani 1434H part1


Khutbah jumat 5 rabiul akhir 1434 H, masjid Baiturrahman Cipanas

Allah menciptakan manusia dengan bentuk sebaik-baiknya, bentuk bukan artian hanya berupa fisik, tetapi juga kesempurnaan sebagai makhluk. Setidaknya Allah mewariskan 2 sifatNya kepada manusia, yaitu sifat Jalaliyah dan Jamaliyah.

Inilah bukti kesempurnaan manusia sebagai makhluk, tidak seperti malaikat yang hanya memiliki sifat Jamaliyah, atau Iblis dengan sifat Jalaliyah, tetapi manusia memiliki keduanya, sebagai bentuk kesempurnaan sekaligus ujian didalam kehidupannya.

Dua sifat ini mengakibatkan keseimbangan didalam diri manusia, ada sebuah kecenderungan sekaligus ada hak pilihan, dan begitu pula melahirkan konsekuensi dan akibat. Maka, dengan ini manusia memiliki kewajiban untuk senantiasa memelihara diri, dan terus menerus muhasabah.

Tarbiyah, adalah sebuah keharusan bagi setiap individu. Tarbiyah adalah usaha memelihara diri dari kecenderungan sifat-sifat kontradiktif, dan tarbiyah juga sebagai proses menyeimbangkan diri dari semua sifat yang dianugerahkan Allah SWT.

Maka, tarbiyah membutuhkan sebuah panutan, membutuhkan sebuah bimbingan, arahan yang tidak menyebabkan ketidak seimbangan dalam dirinya. Uswah kita butuhkan dari sosok seorang yang riil, maka pantas jika kita merindukan sesosok yang pantas kita tiru, pantas kita teladani, sesosok pemimpin yang mampu men-tarbiyah bukan hanya diri setiap individu, tetapi juga masyarakat, bahkan bangsa dan Negara.

Janji Rasulullah adalah sebuah kepastian,
“Umatku bagaikan hujan, tak diketahui, yang lebih baik itu yang pertama ataukah yang terakhir” (HR. Abu Dawud At Thayalisi dan Abu Isa At Tirmidy)

Maka, di akhir zaman ini tentunya akan lahir seorang imam yang mampu mentarbiyah umat, mengarahkan sekaligus menyeimbangkan tatanan kehidupan yang tengah porak poranda dalam kegalauan jamaah.

lanjut part 2

Artikel Terkait

khutbah jumat 5 rabiul tsani 1434H part1
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email