Selasa, 12 Februari 2013

5 Kasus yang diduga "Konspirasi"

beberapa minggu kebelakang kita sempat dihebohkan oleh kasus suap daging sapi. sebenarnya jika melihat kasusnya sebenarnya biasa saja, tapi yang menjadi heboh ada tatkala ada tuduhan "konspirasi" terhadap kasus ini. namun sebenarnya, ada beberapa kasus yang pun berbau konspirasi, meski hukum tidak mengenal padanan kata itu, tetapi tetap saja masyarakat awam menilai ada yang salah dengan beberapa kasus berikut. Inilah 5 kasus berbau konspirasi.

1. kasus pembunuhan Munir

kasus yang terjadi di tahun 2004, ketika Munir dibunuh di atas pesawat pada saat penerbangan menuju Belanda. Hasil outopsi menunjukan didalam tubuh Munir terdapat kandungan arsenik yang melebihi batas sebagai penyebab kematiannya. Munir adalah seorang aktivis HAM yang sangat terkenal terutama di masa orde baru dan reformasi, ia juga adalah pendiri dari LSM Kontras. Sebenarnya kasus ini sudah menjerat seorang yang diduga sebagai tersangka yaitu pilotnya sendiri Pollycarpus. namun banyak kalangan termasuk kuasa hukum Munir sendiri yang masih melihat ada banyak kejanggalan dalam kasus ini, yang melibatkan petinggi dari Badan Intelejen Negara.

2. Kasus Antasari Azhar

Seorang ketua KPK yang terjerat hukum dan sempat menjadi headline selama berbulan-bulan. Antasari Azhar diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap Nasrudin Zulkarnain. Sepanjang pemeriksaan Antasari kerap membantah dan mengatakan sebagai konspirasi menjatuhkan KPK, namun hukum tetap menyatakan Antasari bersalah meski di lain kesempatan salah seorang saksi KomBes Williardi Wizar mengungkapkan bahwa dirinya "dikondisikan" disaat pembuatan BAP.


3. Bank century

Sebuah kasus yang merugikan negara mencapai 6,7 Triliun rupiah, Bank century seperti sebuah misteri yang tak kunjung selesai. perjalanan kasus ini dimulai ketika Bank Century mengumumkan kebangkrutannya, yang kemudian disertai tuntutan dari para nasabah untuk mengembalikan uang mereka. Meski awal kasus ini terjadi 2003 silam, namun sampai saat ini yang diduga sebagai pelaku utamanya, yaitu Budiono dan Sri Mulyani, masih belum diperiksa, hal ini mungkin dikarenakan jabatan strategis yang dimiliki 2 orang ini, yaitu budiono sebagai Wakil Presiden RI, dan Sri Mulyani sebagai pejabat penting di World Bank, yang juga sempat menjabat sebagai menteri keuangan.

4. Kasus Hambalang

Berawal dari tujuan mulia, namun berakhir tragis. Asal mulanya ingin meningkatkan prestasi atlit bangsa dengan membangun mega proyek pusat olah raga Hambalang, namun ternyata terjadi korupsi yang "hanya" menguntungkan segelintir pihak dari partai tertentu saja. mungkin ceritanya akan berbeda jika partai yang dimaksud bukan partai penguasa, situasi seperti ini, oleh sebagian pihak dituduh sebagai pemanfaatan kekuasaan untuk mengulur waktu, dan perlindungan atas jeratan hukum. Seperti yang ramai diketahui publik, Seorang Ketua Umum Partai tersebut, masih belum dinyatakan sebagai tersangka, meski banyak tuduhan telah dialamatkan kepadanya.

5. Suap Daging Impor

Selasa malam, seorang petinggi PKS ditangkap dengan dugaan penyuapan, dengan sebelumnya telah menangkap dua tersangka lain di hari yang berbeda. menjadi pertanyaan publik disaat kasus-kasus lain sangat lamban, namun untuk kasus yang satu ini sangat cepat dan terkesan mengada-ngada. Meski KPK telah membantah, dengan mengatakan penangkapan dilakukan atas dasar hukum dan pengamatan semenjak lama, namun publik tetap menilai ada kejanggalan. apalagi disaat tersangka adalah seseorang yang berasal dari sebuah partai yang mengusung bersih dari korupsi.

Artikel Terkait

5 Kasus yang diduga "Konspirasi"
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email