Kamis, 13 Desember 2012

mukena


maaf.. maaf banget.. penulis nggak bermaksud mengusik hati lembut dari pemilik kecantikan bernama akhwat.. namun penulis hanya bercerita.. ambil hikmahnya saja ya..

by. penulis dengan senyuman termanis dan terindah.. :)

ok.. memulai tulisan ini saya ingin bertanya.. kenapa sholat harus pake mukena..?? hmmm.. jawaban standarnya buat nutup aurat, jawaban ngawurnya, au.. (paling males sama kata-kata ini.. sumpah..!! )

kita biarkan jawaban "au.." yg gak penting dan nyepam itu.. kita ambil jawaban pertama. nah semua muslimah pasti dan wajib tahu auratnya itu dimana.. atau mana saja.. betul kan..?? oke, sampai di sini, ada yang ngerasa ganjil gak..??

jadi begini, kalo kamu (yg akhwat) pake mukena, anytime, anywhere, mungkin ada hal yang harus kita intropeksi dari diri kita. maksudnya..?? kan tadi bilang untuk nutup aurat selama sholat kan..?? kalo lagi gak sholat..?? :) (lagi2 pasang senyum manis..)

jujur saja, jika mukena dijadikan standarisasi hampir di seluruh dunia sebagai pakaian sholat ya, maka secara otomatis ia akan menjadi pakaian standar sehari-hari seorang muslimah. setuju..?? karena pakaian yang tepat sesuai syar'i itu ya mukena, tahu kan ciri-cirinya..?? longgar, menutup seluruh badan, dan simple nggak neko-neko.

jadi muslimah kalo mau sholat gak ribet harus pake mukena dulu, langsung saja dengan pakaian sehari-harinya, kan sudah mencukupi syarat. kayak ihkwan gitu, kalau mau shalat, ya tinggal shalat.

persoalannya, kalau ternyata akhwat tidak memperdulikan masalah auratnya, jadi ia hanya tertutup dikala memakai mukena, di kala shalat.. selesai shalat, auratnya kembali terbuka dan di tonjolkan. yaaa, sayang dong akhirnya mesti kebuka juga auratnya.

btw, saya bukan berarti tidak suka mukena, atau apatis, justru bagus kok. artinya akhwat yang sering memakai mukena anytime, anywhere, berarti ia apik, mengkhususkan pakaian untuk shalat (dan setahu saya itu pun sunnah juga bagi ikhwan..) namun, yang ingin saya tekankan adalah permasalahan aurat, sedang atau pun tidak shalat, tetap tutup ya, dengan pakaian sebagaimana mukena. :)

***
referensi : buku yang berjudul, muslim yang masuk islam

tulisan ini saya dedikasikan khusus untuk kakak perempuan saya yang sempat sholat tanpa mukena, pada waktu itu saya yang awam langsung saja protes, "kok gak pake mukena..???" tapi setelah di jelaskan panjang x lebar, akhirnya saya mengerti. thank's my sister.. hehe

Artikel Terkait

mukena
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email