Kamis, 13 Desember 2012

mimpi


sesekali pernah saya bertanya,"apa yang kamu lakukan begitu selesai shalat istikhoroh..?? dan sebagian besar jawabannya adalah "tidur.."
"kenapa tidur..??"
"ya, buat mastiin jawabannya.."

ok, sebenarnya percakapan di atas hanya karangan aja sih, saya yakin teman-teman sendiri sejatinya sudah paham lah tentang ini. yang ingin saya catat kali ini adalah tentang mimpi.. what's wrong-kah..??

nah, ada beberapa orang yang menganggap mimpinya itu sebagai jawaban atas pertanyaan dalam hidupnya. entah itu masalah rumah, keluarga, sekolah, rizki, nasib, bahkan takdir.. yang paling laku keras tuh biasanya JODOH.. hmm

kita kembali dulu pada hakikat mimpi ya.. mimpi itu sebenarnya sebuah rangkaian bayangan yang terjadi akibat memori-memori yang tersimpan dalam otak, entah sadar atau pun tidak (alam bawah sadar). jadi sepertinya tidak mungkin ( meskipun bagi Allah mungkin-mungkin saja sih.. ) bagi seseorang untuk memimpikan hal yang belum sama sekali ia ketahui ( misal mimpi pernah ke Pluto, naik odong-odong..)

nah, melihat pengertian itu, jadi sebenarnya mimpi-mimpi yang terjadi pada saat tidur sebagian besar hanya seperti sebuah ledakan memori yang di padu padankan dengan bayangan peristiwa lainnya. mungkin saja seakan-akan mimpi ditengah tempat yang amat asing, dan gak dikenal, padahal sejatinya kita pernah atau memori kita kenal tempat itu, namun karena lupa akhirnya tersimpan di kotak alam bawah sadarnya.

begitupun saat kita memimpikan Rasulullah ( hal yang paling di cita-citakan semua muslim di dunia..), menurut salah seorang pendapat ulama, kita akan bisa memimpikan beliau setelah kita kenal bagaimana ciri-ciri fisiknya (dan tentu saja mencintainya) udah tahu belum ciri-ciri fisik Rasulullah..?? jangan-jangan belum pada tahu.. lha bagaimana mau memimpikannya, tahu aja nggak.. kaji lagi deh hadits-hadits tentang ciri-ciri Rasulullah, banyak kok..

khusus untuk mimpi ketemu Rasulullah ini adalah mimpi yang amat spesial, kenapa..?? karena syetan saja tidak mampu meniru wujud Rasulullah, dan artinya saat kita bermimpi Rasulullah, maka itu benar-benar Rasulullah.. Subhanallah

kembali ke masalah awal, terus kaitannya dengan nasib, ilmu, keluarga, dan ehm.. jodoh, emang bisa lewat mimpi..?? hmm.. saya rasa sih nggak mungkin.. mengingat ya itu tadi, mimpi itu ya hanya sebatas ledakan memori yang lama tersimpan.. jadi kayak agak ngawur juga deh kalo apa-apa mesti berdasarkan mimpi.

nah, tapi ada pengecualian nih, khusus bagi orang-orang yang di kehendakinya.. (itu pun bukan ngasal ya..) sebagaimana mimpi ibunda syafii saat mengandung, dan banyak contoh lainnya, beda lagi sama zaman Nabi Yusuf, Nabi yang satu ini memang ahlinya tafsir mimpi ( yang memang sebagai mukjizat beliau untuk menghadapi kaumnya ).. jadi mimpi di zaman beliau bisa saja di artikan dan memang berarti sesuatu ( sesuatu.. yang ada di hatimu.. sesuatu..*syahrini lewaaaattt ). tapi sekarang..?? udah gak zaman lagi, dan memang sudah gak ada ahli tafsir mimpi yang akurat, kredibel, terpercaya, amanah, jujur, dan rajin menabung.

kita bahas contoh yang paling hot deh.. (emang cabe..??) jodoh misalnya, sebagian orang masih menganggap seseorang yang hadir dalam mimpi itu bisa jadi jodoh.. (beda urusan kalo perempuan yang di mimpikannya adalah nenek sihir.. ) nggak salah sih, tapi coba kita bandingkan, banyak mana antara pasangan yang ketemu lewat mimpi, atau yang nggak, bahkan beberapa kasus jodohnya itu gak pernah kebayang sama sekali.. terus gimana dong perempuan yang suka ada dalam mimpi aku..?? (bahasanya rancu banget ya..) ya sekali lagi itu muncul akibat ledakan memori itu tadi, mungkin gara-gara kangen, cinta, penasaran, bahkan benci (nenek sihir yang tadi nih..)

kesimpulannya, mimpi itu bukan apa-apa.. kalo indah ya syukuri-ceritakan, kalo buruk istighfar-lupakan.. +kalo mau request mimpi indah jangan lupa doa..

***

catatan ini saya dedikasikan untuk seseorang yang rajin banget hinggap di mimpi aku.. semoga kita cepat ketemu.. (kenapa ujung-ujungnya jadi nge galau gini ini teh.. nggak penting..!!)

Artikel Terkait

mimpi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email