Kamis, 13 Desember 2012

brand


catatan ini terinspirasi sari seminar yang saya ikuti minggu kemarin, tepatnya seminar ELC. nah ada bagian tertentu saat tanya jawab dengan narasumber (Bapak Hendy Santoso, Founder Dunia Fitnes) mengenai brand, atau kurang lebih pertanyaannya seperti ini, "Apa yang harus kita dahulukan, branding produk atau branding perusahaan..??"

apa jawabannya..?? ternyata yang harus didahulukan adalah branding perusahaan. hmmm.. jawabannya memang simple, tapi jawaban ini mendorong saya jauh berfikir tentang pentingnya branding diri sendiri.

ya, alasannya jelas, sama seperti branding perusahaan, ketika kita mendengar kata sepatu, apa yang terlintas di kepala..?? nike, dadung, atau coca cola..?? pasti nike.. mana yang lebih kuat..?? nike, cibaduyut, atau bakiak..?? pasti nike..!! ini yang dimaksud branding.. tak peduli produk itu bagus, atau jelek, saat mendengar kata "nike" pasti asumsinya bagus.

sekarang, bayangkan kalau branding itu terdapat dalam seseorang.. misal ada 3 orang asep, udin, dan jajang.. asep seorang menteri pertahanan, udin seorang petani, dan jajang seorang perampok.. suatu ketika asep bilang A.. udin bilang A.. jajang bilang A juga.. pertanyaannya, siapa yang pasti lebih di dengar..?? pasti asep.. ya, itulah branding, produk mungkin sama, tapi saat keluar, orang2 akan melihat sumbernya dari mana.

branding diri sendiri bisa berarti juga, "apa yang orang bayangkan saat nama kita disebut". nah, sudah tahu kah apa branding kita..?? :)

Artikel Terkait

brand
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email