Kamis, 30 Juni 2011

cicak vs nyamuk

Apa yang terbayang ketika mendengar nama cicak..??ya, mungkin dalam bayangan kita hanya seekor kadal kecil yang suka merayap di dinding, suka bersuara aneh. Tapi pernahkah kita memperhatikan bagaimana ia makan..?? apa yang ia makan..?? ya ! nyamuk.
Cicak adalah binatang reptil, dan tentunya ia berjalan merangkak dan merayap, jangankan terbang untuk berdiri pun adalah hal yang mustahil bagi sang cicak, tapi justru makanan utamanya adalah nyamuk..!! nah lalu apa masalahnya..?? jelas ini masalah besar bagi cicak, karena nyamuk adalah serangga kecil yang mampu terbang dengan cepat dan gesit, jangankan cicak, kita aja manusia belum tentu dapat menangkap nyamuk, gak percaya..?? silahkan buktikan sendiri.. hehe, tapi Allah memiliki cara yang luar biasa, dengan segala keterbatasannya, toh ternyata cicak masih bias hidup, masih bias makan nyamuk, dan masih bias merayap didinding-dinding rumah kita.
Dari kilasan sederhana di atas, mari kita ambil hikmahnya
1. Allah Yang Maha Pemberi Rizki
Manusia, cicak, tumbuhan, hewan, semua mendapat rizki yang tepat dari Allah, tidak terkecuali. Setidaknya ada 3 jenis rizki dari Allah.
a. rizki yang di jamin adalah rizki yang pasti akan turun kepada semua makhluknya, yaitu berupa makanan, entah itu kepada manusia, hewan, tumbuhan, bekerja, pengangguran, miskin, kaya, cakep, jelek, semua pasti dapat makan, asal dengan satu syarat, ia masih hidup.. hehe.. nah rizki inilah yang dimainkan perannya oleh cicak, yaitu hanya sekedar untuk makan sekenyangnya, dan bertahan hidup ( emang ada gitu cicak pelihara nyamuk..??? setahu saya belum ada.. :D ), kalau manusia bekerja dan berikhtiar hanya dengan tujuan mencari makan, lalu apa bedanya manusia sama cicak, kucing, pohon kelapa, atau tikus ( ehm bukan yang di senayan lho.. he )
b. rizki yang dijemput dan digantung nah ini baru yang membedakan manusia dan hewan serta tumbuhan, manusia memiliki kemampuan untuk menjemput rizki, rizki untuk apa..?? sekali lagi bukan untuk makan atau untuk hidup..!! tapi untuk jauh lebih besar, bagi orang-orang sukses ya untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka ( insya Allah ini dibahas di lain kesempatan.. soalnya panjaaaanng banget.. ). Lalu apa perbedaan dijemput sama di gantung..?? dijemput berarti rizki yang diperoleh sebanding dengan usaha yang dilakukannya, pendapatan seorang supir pasti gak bakalan sama dengan presiden, begitu… kalo di gantung artinya percepatan, rizki yang berkali-kali lipat, caranya dengan do’a, sedekah, dan ibadah yang lainnya, dengan kata lain dalam soal rizki ia “berbisnis” langsung dengan Allah.. yang pasti dijamin tokcer dah.. hehe
2. seberapa besar iman kita..??
nah ini yang paling penting, diantara kita pasti banyak yang sering baca AlQur’an kan..?? sering khatham..?? lalu sudahkah kita beriman kepadaNya…??? Cicak yang bagi kita seperti makhluk tidak berdaya, hanya merayap, dengan ke Maha Luar Biasaan Allah, mampu hidup dari makanan yang kayaknya bagi cicak adalah makhluk super tangguh.. intinya gak ada yang gak mungkin bagi Allah, jangankan hal seperti itu lebih dari itu pun nggak mustahil bagi Allah. Coba seberapa banyak dari kita yang sering mengeluh tentang kehidupannya, entah itu tentang pekerjaan, pendapatan, kesehatan, keluarga, lalu dimana keimanannya pada waktu itu..?? apakah ia gak percaya kalo Allah yang telah mengaturnya pasti memiliki hikmah dibelakangnya, atau saat ia sejahtera, ia malah boros, lalai, sombong, ujub.. lalu kapan ia beriman kepada Allah..??? masa iman kita kalah sama cicak..??

wallahu a’lam

Artikel Terkait

cicak vs nyamuk
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email